Depresi Melanda di Tempat Kerja Baru? Begini Mengatasinya
Ilustrasi (Ron Lach/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Saat mulai kerja di tempat baru dan situasi tak berjalan sesuai keinginan, ide mengundurkan diri pasti terlintas sejenak apalagi jika Anda mudah depresi. Memiliki mental rentan depresi bisa mempersulit masa penyesuaian. Meski ini jadi jalan ninja, namun sebaiknya patut mencoba bertahan dan menemukan cara mengatasi situasi kurang nyaman tersebut.

Dinukil dari laman Psych Central, Rabu, 23 Agustus, berikut beberapa tips membantu Anda mengatasi depresi saat memulai pekerjaan baru.

Konsultasikan dengan dokter

Salah satu hal pertama yang bisa dipertimbangkan adalah konsultasi gejala yang dialami dengan dokter atau ahli kesehatan mental. Mereka mungkin merekomendasikan terapi tambahan atau menyarankan perubahan obat yang dikonsumsi saat ini.

Sebuah studi pada 2020 menunjukkan bahwa obat depresi perlu dipersonalisasi karena cara kerjanya tidak sama untuk semua masalah. Jika Anda merasa antidepresan biasa kurang ampuh, dokter akan membantu menemukan obat atau dosis yang dapat bekerja maksimal.

Meminta bantuan

Meminta bantuan merupakan strategi koping tepat bagi Anda. Jika mengalami kesulitan atau pertanyaan seputar job desk, minta rekan bantu menjelaskan pada Anda. Jika khawatir tentang budaya perusahaan, diskusi dengan bagian SDM pun bisa menolong.

Selain itu, minta juga dukungan dari keluarga atau teman. Siapa tahu ada yang bisa mereka lakukan untuk membantu menurunkan tingkat stres atau mengatasi depresi Anda terkait memulai pekerjaan baru.

Keluar dan berolahraga

Olahraga bisa menjadi cara terbaik meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan termasuk mengurangi stres. Jika Anda merasa depresi memburuk saat memulai pekerjaan baru, Anda mungkin mendapati bahwa berjalan kaki saat makan siang atau menyisihkan waktu berolahraga dapat membantu Anda merasa lebih baik.

Cobalah berkenalan dengan rekan kerja

Saat memulai pekerjaan baru, Anda juga akan bertemu dengan orang-orang baru pastinya. Biar mudah akrab, ajak beberapa rekan kerja makan siang bersama atau ngobrol santai saat istirahat bisa bantu Anda lebih nyaman di tempat kerja.

Tidur malam yang cukup

Sebisa mungkin coba tidur malam delapan hingga sembilan jam sehari. Tidur cukup dapat memaksimalkan kesehatan fisik dan mental sehingga Anda merasa lebih baik dan aktif di siang hari.

Dengarkan musik saat bekerja

Jika bisa, coba dengarkan musik sambil bekerja. Penelitian tahun 2017 menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat membantu meningkatkan mood. Jika tidak dapat mendengarkan di tempat kerja, coba dengarkan dalam perjalanan ke dan dari tempat kerja atau saat istirahat.

Jika Anda kesulitan menyesuaikan diri dengan peran baru hingga alami depresi, Anda dapat mencoba beberapa pendekatan berbeda untuk membantu mengatasinya. Ini bisa mencakup penyesuaian terapi, mendengarkan musik, dan olahraga.