Bagikan:

YOGYAKARTA - Setiap umat muslim yang baik diperintahkan untuk menyampaikan ajaran agama Islam kepada sesamanya. Allah SWT memerintahkan ini di dalam Al-Qur’an surah Ali Imran ayat 104 yang bunyinya sebagai berikut:

وَلْتَكُنْ مِّنْكُمْ اُمَّةٌ يَّدْعُوْنَ اِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِۗ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

Artinya: “Hendaklah ada di antara kamu segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Mereka itulah orang-orang yang beruntung.”

Kita mengenal berbagai bentuk penyampaikan ajaran Islam, yakni melalui dakwah, tablig, dan khutbah. Lantas apa perbedaan dari ketiganya ini?

Perbedaan Khutbah, Tabligh, dan Dakwah

Sebagai umat muslim, tentunya Anda sering mendengar atau menyimak penyampaian nilai-nilai dan ajaran Islam yan dilakukan oleh ustaz atau ulama. Misalnya dalam dakwah dalam pengajian, khutbah sebelum atau sesudah salat berjamaah, dan lainnya. 

Dakwah, khutbah, dan tabligh memiliki kesamaan dalam menyiarkan syariat dan ajaran Islam. Namun dari ketiganya juga ada perbedaan sebagai berikut:

Tujuan Utama

Tujuan utama dari khutbah adalah memberikan nasihat untuk mengingatkan tentang kewajiban agama. Selain itu, khutbah juga dilakukan dengan tujuan memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai ajaran Islam kepada para jamaah yang hadir.

Ini berbeda dengan dakwah yang bertujuan untuk menyebarkan ajaran Islam. Berdakwah berarti mengajak orang untuk memahami dan mengikuti ajaran Islam, serta membimbing mereka menuju jalan yang benar menurut agama.

Sedangkan tablig memiliki tujuan yang berbeda lagi, yaitu memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang ajaran Islam kepada individu atau kelompok tertentu. Cara ini dilakukan untuk membangkitkan semangat keagamaan mereka.

Waktu dan Tempat Penyampaian

Khutbah merupakan aktivitas ceramah yang disampaikan di waktu-waktu tertentu. Biasanya khutbah dilakukan saat salat Jumat, namun juga dapat dilaksanakan pada kesempatan lain seperti Idulfitri atau Iduladha.

Berbeda dengan khutbah, dakwah tidak terikat oleh waktu atau tempat tertentu. Dakwah bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, baik melalui ceramah, tulisan, atau media sosial.

Sementara itu, tabligh juga dapat dilaksanakan kapan saja dan di mana saja. Tetapi tabligh biasanya dilakukan di masjid, rumah, atau tempat umum. Di Indonesia, tablig sering diadakan pada perayaan besar seperti Maulid Nabi, Isra' Mi'raj, atau tahun baru Islam.

Khalayak Sasaran

Khutbah ditujukan kepada jamaah yang hadir di masjid pada waktu-waktu tertentu untuk menyampaikan ceramah. Sebaliknya, tablig dan dakwah bisa ditujukan kepada kelompok masyarakat luas. Tablig dapat ditujukan kepada umat Muslim maupun non-Muslim, sedangkan dakwah bisa bervariasi tergantung pada konteksnya.

Metode Penyampaian

Khutbah disampaikan oleh khatib yang ditunjuk di hadapan jamaah di masjid. Dakwah dibawakan oleh dai atau juru dakwah melalui ceramah, tulisan, atau interaksi langsung. Sementara itu, tablig dibawakan oleh muballigh yang bisa berupa ceramah formal, diskusi kelompok, atau pertemuan informal antara individu dan muballigh.

Struktur Penyampaian

Struktur khutbah terdiri dari dua bagian. Bagian pertama dimulai dengan pembacaan ayat-ayat Alquran, diikuti oleh ceramah singkat dari khatib yang ditunjuk. Khutbah memiliki syarat dan rukun tertentu. 

Sementara itu, dakwah tidak memiliki struktur penyampaian yang baku. Dakwah bisa berupa ceramah formal atau percakapan informal. Adapun struktur tabligh dapat bervariasi tergantung pada konteksnya. Tabligh bisa berupa ceramah formal dengan struktur terorganisir atau pertemuan informal di mana peserta berdiskusi dan bertukar pendapat.

Demikianlah ulasan perbedaan khutbah, tabligh, dan dakwah yang penting untuk dipahami. Meski memiliki kesamaan sebagai aktivitas menyiarkan dan menyampaikan ajaran Islam, namun terdapat perbedaan dari beberapa segi di atas. Baca juga tips meningkatkan kualitas dakwah dari Wapres Ma'aruf Amin

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.