Profil Beserta Rekam Jejak Ustadz Syafiq Riza Basalamah yang Dakwahnya Ditentang GP Anshor di Surabaya
Ustadz Syafiq Riza Basalamah (Gambar Biografiku)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pengalaman kurang menyenangkan menghampiri Ustaz Syafiq Riza Basalamah sehabis pengajiannya dibubarkan oleh GP Ansor di Masjid Assalam, Kecamatan Gunung Anyar, Kota Surabaya.

Penolakan kajian dari Ustaz Syafiq Riza Basalamah berlangsung pada kamis kemarin. Beberapa pihak GP Ansor setempat menolak kegiatan tabligh akbar tersebut.

"Banser obrak-abrik masjid (pembubaran tabligh akbar Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah, M. A oleh Banser, 22 Februari 2024)," tulisan yang menyertai video keributan tersebut, yang dilansir dari beberapa sumber.

Sosok Ustadz Syafiq Riza Basalamah

Sosok Ustadz Syafiq Riza Basalamah mempunyai pengalaman dalam berbagai aktivitas keagamaan, termasuk pengajaran agama di beberapa pesantren, memberikan khotbah di masjid-masjid besar, serta mengisi kegiatan dakwah di berbagai kota di Indonesia serta luar negara.

Selaku seseorang ulama, Ustadz Syafiq Riza Basalamah diketahui dengan gaya penyampaiannya yang santai serta gampang dimengerti oleh masyarakat awam. Ia kerap memakai bahasa sehari-hari serta contoh-contoh nyata dalam menarangkan konsep- konsep agama sehingga pesan yang disampaikannya gampang di cerna oleh audiensnya.

Banyak sumber yang menyebut Ustadz Syafiq Riza Basalamah aliran dengan paham Salafi ataupun Manhaj Salafi. Dia pula diketahui selaku sosok yang berpikiran terbuka serta toleran terhadap perbedaan pendapat.

Manhaj Salaf merupakan suatu pemahaman yang menekankan pentingnya menjauhi bidah (inovasi) dalam agama, ialah praktik-praktik ataupun kebiasaan-kebiasaan yang tidak dikenal ataupun tidak dilakukan oleh para salaf. Ini yang membuat Manhaj Salaf kerap dikira konservatif dalam menguasai serta mengamalkan agama Islam.

Dalam kitab Nazarat fi Jauharatit Tauhid oleh Dr. Abdul Hamid Ali Izz Al-Arab, Dr. Shalah Mahmud Al-‘Adily, serta Dr. Ramadhan Abdul Basith Salim, menarangkan salaf ialah mereka para sahabat, tabi’in serta atba’it tabiin yang hidup hingga batas 300 H. Kalangan Manhaj Salaf diketahui pula dengan istilah Ahlussunnah wal Jamaah.

Profil Beserta Rekam Jejak Ustadz Syafiq Riza Basalamah

Ustaz Syafiq Riza Basalamah ialah seseorang penceramah, penulis buku, dosen yang lahir pada 15 Desember 1997 di Jember, Jawa Timur. Dia pula merupakan Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad.

Namanya mulai diketahui pada saat Syafiq Riza Basalamah kerap memberikan cermahnya di media sosial apalagi di Youtube sehingga banyak orang yang mulai mengenal namanya dirinya.

Syafiq Riza Basalamah menuntaskan pendidikan di Pesantren Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso serta lulus dari madrasah tsanawiyyah ataupun setara SMP pada tahun 1993 serta madrasah aliyah ataupun setara SMA pada tahun 1998.

Sehabis menuntaskan pendidikan pesantren, Syafiq Riza Basalamah menempuh D1 di Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab serta lulus( LIPIA) pada tahun 1998.

Pasca lulus dari LIPIA, Syafiq Riza Basalamah melanjutkan pendidikan ke Universitas Islam Madinah sampai jenjang S3. Tidak hanya aktif jadi dosen, dia pula aktif menyebarkan dakwah-dakwah yang sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad.

Daftar Buku Karangan Ustadz Syafiq Riza Basalamah

Selain aktif sebagai pendakwah, Ustadz Syafiq ternyata juga aktif sebagai penulis. Beberapa buku yang pernah ditulisnya antara lain:

- جهود الشيخ أحمد السوركتي في الدعوة إلى الله في إندونيسيا

- Buku berjudul Andai Aku Tidak Menikah Dengannya

- Buku berjudul RUMAHKU MASIH NGONTRAK

- Buku berjudul Mimpi Bertemu Nabi

- Buku berjudul Bersama Keluarga Masuk Surga

- Buku berjudul Berbekal Setengah Isi Setengah Kosong

Selain itu kalian juga bisa mengenal “Profil Ustaz Das’ad Latief” sosok yang tengah Viral saat ini dan sempat mencalonkan menjadi Wali Kota Makassar.

Jadi setelah mengetahui superit apa profil dan reklam jejak Ustadz Syafiq Riza Basalamah, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!

Terkait