Bagikan:

JAKARTA - Pelatih anyar Napoli, Francesco Calzona, memperingatkan pemain top, Kvicha Kvaratskhelia dan Victor Osimhen, agar tidak neko-neko. Calzona menyatakan tegas tak terpengaruh dengan nama besar pemain.

Ada sejumlah pemain top di Naopli. Namun, Calzona memastikan mereka tidak akan diistimewakan. Calzona sudah membuktikan omongannya saat Napoli bermain seri 1-1 melawan Barcelona pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2023/2024.

Pada duel di Stadion Diego Armando Maradona, Kamis, 22 Februari 2024, dini hari WIB, Kvaratskhelia bermain sampai menit ke-68. Dia keluar dan digantikan Jesper Lindstrom saat Napoli masih tertinggal 0-1 lewat gol Robert Lewandowski.

Keputusan mantan asisten pelatih Luciano Spalletti yang membawa Napoli meraih scudetto itu membuat Kvaratskhelia marah-marah. Namun, Calzona tak peduli.

Bahkan, dia kemudian menarik Osimhen yang baru saja mencetak gol menyamakan kedudukan. Dia digantikan Giovanni Simeone hanya dua menit setelah membobol gawang Barca.

"Saya hanya mempertahankan pemain yang dalam kondisi terbaik di lapangan. Saya tak pernah melihat nama besar pemain," kata Calzona yang juga menarik gelandang Matteo Politano karena dinilai mengalami penurunan pada paruh kedua.

"Matteo Politano bermain luar biasa di pertandingan. Dia bertahan dengan sangat baik. Namun, bila tidak bermain baik, dia pun diganti dengan yang lain," ucap Calzona.

Sikap dan keputusan Calzona yang tidak peduli dengan nama besar pemain membuat Kvaratskhelia kecewa.

Pemain Timnas Georgia ini pun menolak menyalami pelatih dan rekan tim yang ada di bench saat keluar. Dia memilih langsung menuju ruang ganti ketimbang duduk di bench.

"Kvara pemain top. Dia sangat berperan seperti pada musim lalu. Bila akhirnya dia digantikan, ini karena performanya yang tidak bagus. Hal wajar bila ada pemain yang bermain buruk," kata Calzona.

"Kvara harus bekerja lebih keras lagi. Saya tak kecewa dengan penampilannya. Hanya saja, pergerakan dia sangat kurang sehingga dia tak bisa melewati pengawalnya. Meski demikian, saya cukup puas," ujar dia lagi.

Kvaratskhelia sendiri menjadi pemain pertama yang meninggalkan stadion. Dia juga langsung berlalu begitu saja saat melintas di mixed zone.

Calzona juga punya alasan kuat untuk menarik Osimhen. Menurut dia, Osimhen sesungguhnya akan digantikan sebelum mencetak gol.

"Saya menariknya bukan setelah dia mencetak gol. Saya sesungguhnya sudah hendak menarik dia lebih awal, tetapi saya kemudian menunggunya beberapa saat. Ini lebih kepada taktik saja," kata Calzona.