Juventus Tumbang, Napoli Bantu Inter Milan Raih Scudetto
Striker Napoli Giacomo Raspadori saat mencetak gol yang menentukan kemenangan atas Juventus. (X/@sscnapoli)

Bagikan:

JAKARTA - Juventus tumbang di tangan Napoli. Kemenangan 2-1 Napoli atas Juve di pertandingan Serie A Italia di Stadion Diego Armando Maradona, Senin, 4 Maret 2024 dini hari WIB membantu Inter Milan meraih Scudetto lebih cepat.

Inter diprediksi baru bisa memastikan meraih Scudetto saat laga melawan AC Milan dalam Derby della Madonnina, 21 April 2024. Ini dengan pertimbangan Juve mampu menjaga jarak poin dengan Inter. Terutama bila I Nerazzurri gagal meraih poin.

Hanya saja, Inter tak kunjung terpeleset dan kehilangan momentum. Sebaliknya Juve yang kembali kehilangan poin di kompetisi domestik.

Juve terus mengalami penurunan dan tak pernah menang selama lima laga terakhir. Tim asuhan Massimiliano Allegri hanya mampu memetik hasil imbang pada dua laga melawan Empoli dan Verona.

Sedangkan di tiga laga lainnya, Bianconeri menelan kekalahan, termasuk saat dipaksa menyerah 1-0 oleh Inter.

Di laga terakhir, Juve berharap mendulang poin. Namun mereka malah kebobolan menjelang akhir pertandingan sehingga kembali tidak mendapat poin di laga tandang.

Kekalahan itu menjadikan Juve yang menempati peringkat dua masih memiliki poin 57. Mereka sudah tertinggal 12 poin dengan Inter.

Bila pasukan Simone Inzaghi ini berhasil menang atas Genoa, Selasa, 5 Maret 2024 dini hari WIB, maka Inter bakal kian jauh meninggalkan Juve dan makin cepat meraih Scudetto ke-20. 

Bagi Napoli, kemenangan atas La Vecchia Signora menjadi sangat berarti. Napoli yang secara pelahan mulai bangkit sejak ditangani Francesco Calzona berhasil memperbaiki posisinya. Kini, Napoli menapak ke peringkat tujuh dengan poin 43.

Di laga itu, Napoli menunjukkan kebangkitan. Mereka pun tak terkalahkan di bawah asuhan Calzona. Ini menjadi modal bagus saat I Partenopei menghadapi Juve.

Hanya laga memang berjalan imbang. Juve mengambil inisiatif menyerang lebih dulu. Tim tamu mendapat peluang melalui striker Dusan Vlahovic.

Hanya saja sundulan Vlahovic yang menyambut umpan silang Federico Chiesa digagalkan bek Matia Olivera.

Selanjutnya, Napoli sempat mengancam gawang Juve melalui Giovanni Di Lorenzo. Namun sepakan Di Lorenzo masih melambung. Sebelumnya, tendangan voli Hamed Junior Traore juga diblok bek Juve Bremer.

Peluang terbaik Juve diperoleh Vlahovic di menit 34. Lolos dari jebakan offside, Vlahovic yang menyambut umpan Fabio Miretti gagal mengonversi menjadi gol.

Setelah berkali-kali gagal, pemain sayap Napoli Khvicha Kvaratskhelia akhirnya memecah kebuntuan di menit 43. Berawal dari umpan silang Di Lorenzo yang gagal dipotong Bremer.

Bola kemudian meluncur ke arah Kvaratskhelia yang dengan sukses menaklukkan kiper Wojciech Szczesny. Skor 1-0 untuk Napoli bertahan sampai akhir laga.

Di babak kedua, Juve mencoba bangkit. Usaha mereka ternyata tak sia-sia. Hanya, Juve harus menunggu sampai menit ke-81 saat Chiesa membobol gawang Alex Meret dan mengubah skor menjadi 1-1

Saat pertandingan diperkirakan berakhir imbang, Napoli kemudian mendapat hadiah penalti di menit 88. Sebelumnya wasit membiarkan insiden pelanggaran pemain Juve Joseph Nonge terhadap striker Victor Osimhen.

Namun setelah meninjau insiden lewat VAR, wasit kemudian menunjuk titik putih. Osimhen yang mengambil tendangan penalti.

Hanya saja, sepakannya bisa digagalkan Szczesny. Sayangnya, pemain Juve tidak sigap untuk membuang bola muntah.

Striker Napoli Giacomo Raspadori yang berhasil memanfaatkannya. Bola rebound pun dieksekusi sehingga membobol gawang Juve. Skor 2-1 untuk Napoli dan bertahan sampai akhir laga.