Bagikan:

JAKARTA – Derasnya hujan yang mengguyur wilayah Jabodetabek ternyata tidak menyurutkan para pilot mengadu kemampuan menerbangkan drone FPV. Meski berpotensi menimbulkan kerusakan drone akibat percikan air, namun mereka terlihat sangat antusias dan agresif.

Throttle Warriors adalah sebuah komunitas pilot drone. Mereka menggelar kompetisi ini di Buperta Cibubur, Jakarta, Minggu 3 Maret 2024. Bisa dibilang ajang ini tidaklah besar, namun mereka meyakini acara ini bisa memperkuat tali silaturahmi antarkomunitas pegiat drone.

Diskusi mengenai drone/ Foto: Bitor Ekin Putra/ VOI

Sebanyak 35 pilot yang mendaftar di kompetisi ini. Mereka berasal dari berbagai wilayah di Jabodetabek. Bahkan, ada yang datang dari Bandung untuk menyaksikan acara yang digelar satu hari.

Luthfi, akrab disapa Upay, pengerak kegiatan ini mengatakan, digelarnya ‘FPV Freestyle Competition 2024’ sebagai ajang silaturahmi.

“Kumpul bersama teman-teman (pilot) FPV. Agar tetap terjaga sekaligus mewadahi bakat teman-teman. Saling bertukar informasi dan berbagi pengalaman.” kata Upay di Cibubur, Minggu 3 Maret 2024.

Ilustrasi drone FPV/ Foto: Bitor Ekin Putra

Kompetisi ini dibagi menjadi 2 kategori, pemula dan profesional. Dan perlu diketahui, para peserta tidak dipungut biaya sepeser pun, gratis. Sedangkan bagi pemenang yang terpilih, mendapatkan uang tunai, unit drone, dan beberapa part.

Terdapat 3 juri yang menilai para peserta, Upay, Pimpomrc dan Djohan Ex Hobby. Penilaian tersebut berdasarkan gaya terbang masing-masing pilot, yang dianggap memiliki nilai estetika atas kesepakatan para juri.

Hingga akhir acara, telah ditentukan 6 pemenang ‘FPV Freestyle Competition 2024’. Untuk kategori Profesional, juara I yakni Legia, juara II Dano, dan juara III Hanif. Sedangkan untuk kategori pemula, juara I diraih oleh Zidan, juara II Levi, juara ke III Adi.