Bagikan:

YOGYAKARTA - Istilah ‘boti’ kerap ditemukan di media sosial baik itu di kolom komentar, cuitan, atau celetukan-celetukan dari netizen. Seringkali penggnaan kata ‘boti’ diikuti dengan candaan atau tertawaan. Meski sering digunakan di media sosia, namun masih ada yang belum tahu apa itu boti dan artinya.

Mungkin Anda pernah menjumpai kata ‘boti’ ditulis oleh netizen di Instagram, TikTok, atau Twitter. Bagi yang belum tahu artinya, mungkin bingung untuk mengikuti konteks pembicaraan atau candaannya. Jika Anda mencari di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘boti’ juga tidak ada penjelasannya. 

Penggunaan kata ‘boti’ memiliki makna yang berkaitan dengan orientasi seksual seseorang. Lantas apa itu ‘boti’ dan penjelasannya, mari simak di bawah ini. 

Apa Itu Boti?

Kata ‘boti’ merupakan istilah yang berkaitan erat dengan kaum gay atau orientasi seksual menyimpang dalam bentuk suka sesama laki-laki. Mendengar kata ‘gay’ mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun apa kaitannya istilah ‘boti’ ini dengan penyuka sesama jenis?

Boti lebih populer sebagai kata yang berhubungan erat dengan aktivitas homoseksual. Boti digunakan untuk menyebut peran dalam aktivitas intim atau hubungan seksual yang dilakukan oleh pasangan gay. Seperti yang sudah diketahui, gay adalah julukan bagi orang-orang yang memiliki ketertarikan kepada sesama laki-laki. 

Seperti pasangan lawan jenis, pasangan gay juga punya cara berhubungan seksual dan identitas seksual masing-masing. Istilah ‘boti’ diduga berasal dari kata ‘bottom’ atau bawah yang mengacu pada aktivitas seksual. Bisa diartikan bahwa kata ‘boti’ bermakna sebagai orang yang berada di bawah ketika melakukan hubungan seksual. 

Jadi apabila Anda menemukan kata ‘boti’ dilontarkan oleh netizen di media sosial, kemungkinan besar konteksnya sedang membicarakan masalah kaum gay. Misalnya, ketika ada kata ‘boti’ di kolom komentar sebuah postingan atau pengguna medsos menuliskan sebagai cuitan. 

Bisa jadi mereka menuliskan kata ‘boti’ sebagai bentuk sindiran atau candaan dalam merespon suatu informasi, peristiwa, atau isi konten yang ditanggapi. Bisa jadi juga orang menuliskan kata ‘boti’ karena menceritakan pengalaman atau keluh kesahnya terhadap orang yang beroritentasi seksual sesama jenis tersebut. 

Arti Boti Selain Berkaitan dengan Gay

Selain lekat dengan kaum gay, istilah ‘boti’ juga mempunyai makna lainnya di luar itu. Berikut ini beberapa arti kata ‘boti’ yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang:

Singkatan Bonceng Tiga

Istilah "boti" dapat merujuk pada makna yang berbeda. Kata "boti" bisa menjadi singkatan dari "bonceng tiga" yang menggambarkan situasi di mana sebuah sepeda motor dinaiki oleh tiga orang. Maksudnya, motor tersebut ditumpangi oleh satu pengendara dan dua penumpang atau satu penumpang di depan dan satu di belakang.

Julukan untuk Bocah TikTok

Selain itu, "boti" juga dikenal sebagai singkatan dari "bocah TikTok". Terkadang kata ‘boti’ digunakan untuk menyebut anak-anak di bawah umur yang sering berkomentar atau membuat konten di TikTok.

Sebutan untuk Obat-obatan Terlarang

Tak hanya itu, istilah "boti" juga digunakan merujuk pada obat-obatan yang sering disalahgunakan oleh masyarakat. Obat-obatan yang dimaksud yakni seperti xanax, dumolid, dan berbagai obat antidepresan lainnya. Dalam bahasa gaul, obat-obatan ini sering disebut sebagai pil boti.

Obat-obatan ini memang tersedia secara bebas dan harganya terjangkau, sehingga banyak orang menggunakannya secara sembarangan tanpa resep dokter. Mereka sering kali digunakan untuk membuat tubuh rileks, namun penggunaan yang tidak terkendali dapat menyebabkan halusinasi dan kehilangan kesadaran.

Demikianlah ulasan mengenai apa itu ‘boti’ sebagai istilah yang sering ditemukan di media sosial. Di antara berbagai makna di atas, penggunaan istilah ‘boti’ di media sosial cenderung mengacu pada sebutan aktivitas sesual pada orang-orang gay. Baca juga kode rahasia para gay dan LGBT di Jakarta

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.