Bagikan:

JAKARTA - Pesinetron Sharena Delon menuturkan kalau ia sudah mengajarkan anaknya mengenai alat reproduksi sejak kecil. Namun ia mencoba untuk menjelaskan kepada kedua anaknya sesuai dengan usia anak-anaknya.

"Justru karena stigma diluar sana agak tabu, aku mengajarkan anak-anak aku sejak kecil kalau ini tidak tabu. Jadi aku membahasnya ya sama seperti aku mengajarkan dia apapun, sama seperti aku mengedukasi dan mengekspos anakku dengan apapun, karena apalagi urusannya sama anatomi tubuh ya," kata Sharena Delon di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa, 28 Mei.

Pasalnya menurut Sharena, menjelaskan terkait bagian reproduksi kepada anak bukanlah sebuah hal tabu untuk dilakukan oleh orang tua.

Apalagi hal ini bisa menjadi sebuah pencegahan atas kejahatan pelecehan seksual.

"Sama kaya private parts orang-orang mikirnya agak tabu kalau nyebut dengan nama sebenernya, tapi itu secara penelitian memang tidak bagus jadi anakku pun ya aku ajarin vagina, penis, anus semua," beber Sharena Delon.

"Semua sesuai nama dan penggunaannya, selain ngajarin soal higienis tapi juga bisa present soal pelecehan dan lain-lain melindungi mereka dari penyimpangan seksual itu. Jadi penting banget learn from age," tambahnya.

Tak bisa dipungkiri kalau kedua anak Sharena yang berusia 10 dan 6 tahun ini mengajukan banyak pertanyaan terkait hal tersebut, sebagai ibu Sharena mencoba menjelaskan seterbuka mungkin.

"Anak kecil pasti emang selalu banyak pertanyaannya dan aku apapun yang mereka tanya dan sebisa mungkin aku jawab dan setepat mungkin," jelas Sharena.

"Jadi nggak dihalus-haluskan, of course tetap memberitahu apa yang mereka tanya dan sesuai pemahaman mereka di usia saat ini. Jadi urusan higienis ini dari sekecil mungkin itu udah diajarin," imbuhnya.

Bagi wanita berusia 40 tahun ini, momen memandikan anak menjadi salah satu momen terbaik untuk mengajarkan terkait kebersihan dan pengetahuan alat reproduksi.

"Pada saat mereka masih toddler pas mandiin pasti aku jelasin, ini bagian apa bagian apa, bersihinnya gimana. Jadi pada saat mereka udah mandi sendiri mereka udah tau teknisnya dan aku nggak mau mereka berpikir kalau hal ini tuh tabu untuk dibahas karena tidak," tandasnya.