Bagikan:

YOGYAKARTA – Gedung pencakar langit merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut bangunan yang sangat tinggi, umumnya lebih dari 50 lantai. Kehadiran gedung pencakar langit bisa dibilang salah satu parameter perkembangan ekonomi di suatu negara. Lantas, dimanakah lokasi gedung pencakar langit tertinggi di dunia?

7 Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Dunia

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu, 19 Mei 2024, berikut ini adalah 7 gedung pencakar langit tertinggi di dunia.

1. Burj Khalifa - Dubai, UEA

Burj Khalifa adalah gedung pencakar langit yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).  Bangunan ini dinobatkan sebagai gedung pencakar langit tertinggi dunia oleh Council on Tall Buildings and Urban Habitat, organisasi internasional yang bergerak di sektor industri bangunan.

Tinggi bangunan ini mencapai 828 meter dan memiliki 163 lantai. Konstruksinya dimulai pada 2004 dan baru beroperasi pada 2010.

Burj Khalifa merupakan bangunan serbaguna. Lantai bawah ditempat oleh hotel butik, kemudian di atasnya merupakan apartemen kondonium. Lantasi 124 digunakan sebagai dek obervasi pertama. Sementara 37 lantai teratas diperuntukkan bagi ruang perkantoran elit.

2. Merdeka 119 – Kuala Lumpur, Malaysia

Bangunan yang menempati posisi kedua daftar gedung pencakar langit tertinggi di dunia adalah Merdeka 118. Gedung ini terletak di Kuala Lumpur, Malaysia.  

Gedung setinggi 679 meter dengan 118 lantai ini baru selesai dibangun pada 2023 silam.

Menyadur laman The Tower Info, gedung Merdeka 118 digunakan sebagai ruaang perkantoraan di hampir 80 lantainya, hotel, restoran, hingga dek observasi. Di tingkat basement, area parkirnya bisa menampung 5 ribu mobil.

3. Shanghai Tower – Shanghaai, China

Shanghai Tower di Shanghai, Chinaa menempati posisi ketiga sebagai gedung pencakar langit tertinggi di dunia.

Tinggi bangunan ini mencapai 632 meter dengaan 128 lantai. Kontruksinya dimulai pada 2008 dan selesai pada 2015.

Menurut situs Institution of Civil Engineers (ICE), Shanghai Tower mempunyai dek observasi tertinggi dan lift tercepat di dunia yang melaju dengan kecepatan 73,8 kilometer per jam.

Tak hanya itu, kolam renang tertinggi di dunia juga ada di bangunan ini. Kolam renang tersebut terletak di laantaai 84 dengan ketinggian 393 meter di atas tanah.

4. Makkah Royal Clock Tower – Mekkah, Arab Saudi

Makkah Royal Clock Tower
Makkah Royal Clock Tower (Foto: Pixabay/kufarooq)

Arab Saudi juga memiliki gedung pencakar langit tertinggi. Gedung tersebut adalah Makkah Royal Clock Tower.

Bangunan ini identik dengan jam raksasanya. Gedung Makkah Royal Clok Tower berdiri tepat di sebelah situs tersuci bagi umat Islam, yakni Kakbah di Masjidil Haram.

Tinggi bangunan ini mencapai 601 meter dengan 120 lantai. Pembangunannya dimulai pada 2004 dan selesai pada 2012. Sekitar 76 lantai di gedung ini dimanfaatkan sebagai hotel.

5. Ping An Finance Center – Shenzhen, China

Kembali lagi ke China, gedung pencakar langit tertinggi di dunia nomor 5 di pegang oleh Ping An Finance Center yang berada di Shenzhen.

Bangunan ini menjulang setinggi 599 meter dan memiliki 115 lantai. Butuh waktu 6 tahun untuk menyelesaikan kontruksinya, yakni sejak 2010 hingga 2016.

Gedung Ping An Finance Center digunakan sebagai perkantoran, perhotelan, dan observasi. Sebagian besar lantai kantor diperuntukkan bagi perusahaan Ping An Insurance. Sebagiannya lagi disewa Hyat hotels untuk kawasan kawasan hotel.

6. Lotte World Tower – Seoul, Korea Selatan

Beralih ke Korea Selatan, kredit gedung pencakar langit tertinggi di dunia yang berikutnya dipegang oleh Lotte World Tower.

Bangunan yang terletak di Kota Seoul ini memiliki tinggi 555 meter dan terdiri dari 123 lantai. Kontruksinya dimulai pada 2011 dan rampung dibangun pada 2017.

Menukil laman Otis, bangunan ini dibekali lift tingkat ganda yang mampu melaju dengan kecepatan 10 meter per detik. Di Lotte World Tower juga terdapat dek observasi yang terletak di ketinggian 498 meter.

Lotter World Tower dipergunakan untuk perkantoran, perhotelan, residensi, hingga observasi.

7. One World Trade Center – New York, Amerika Serikat

Gedung pencakar langit tertinggi di dunia nomor 7 adalah One World Trade Center (WTC). Landmark ikonik di Kota New York, Amerika Serikat ini dibangun setinggi 541 meter dan memiliki 94 lantai.

Gedung tertinggi di negeri Paman Sam ini dimanfaatkan sebagai ruang perkantoran dan observasi.

Demikian informasi tentang gedung pencakar langit tertinggi di dunia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.