Fakta Menarik Burj Khalifa Selain Ketinggian Gedung
Ketinggian Burj Khalifa 828 meter dan terletak di Kota Dubai (Antaranews.com)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Saat ini rekor gedung tertingi di planet bumi masih dipegang oleh Burj Khalifa. Gedung yang menjadi ikon bagi kota Dubai ini ternyata banyak menyimpan fakta yang menarik untuk diketahui. Dari puncak  Burj Khalifa setinggi 828 meter ini  di Kota Dubai, Uni Emirat Arab ini dapat terlihat dari jarak sekitar 95 kilometer. 

Berikut fakta menarik gedung pencakar langit yang tak lama lagi akan dikalahkan oleh proyek prestisius lainnya. Mari kita simak sejunlah fakta menarik soal gedung ini. 

1. Burj Khalifa merupakan gedung tertinggi di dunia yang dibuat oleh manusia sepanjang sejarah. Sedangkan nomor dua ada Shanghai Tower yang memiliki ketinggian sekitar 632 meter. 

2. Pembangunan gedung ini dibuat selama 5 tahun, dibangun 6 Januari 2004 dan selesai 1 Oktober 2009 dan diresmikan pada tahun 2010

3. Daya tampung gedung ini adalah 35 ribu orang, Burj Khalifa berfungsi sebagai tempat hunian, apartement, hotel, perkantoran serta perpustakaan. 

4. Puncak gedung tersebut memiliki 160 lantai dan 24.000 Jendela. Jendelanya sangatlah banyak sehingga untuk membersihkanya dibutuhkan waktu 3 bulan.

5. Gedung terlihat dari jarak sekitar 95 kilometer karena saking tingginya. Lalu bagaimana dengan petir yang ada di sana ya? Gedung bergaya neo-futurism ini rupanya rentan terhadap sambaran petir. Namun memang Tuhan belum berkehendak saja sehingga masih dalam tahap yang aman.

6. Seribu apartemen mewah yang tersebar di lantai 12-108 di gedung pencakar langit Burj Khalifa. Sedangkan harga apartement di Burj Khalifa berkisar 66 Milyar. Sangat mahal untuk sekelas karyawan biasa. 

7. Pembuat Burj Khalifa adalah perusahaan pengembang Emaar Property salah satu pengembang property besar di wilayah Dubai. 

8. Apartemen hunian tertinggi di Burj Khalifa, pada ketinggian 385 meter. Sangat cocok bagi anda penyuka ketinggian, namun perlu diingat anda perlu menghabiskan 66 Milyar dan saat ini pun apartement sudah penuh. Anda menunggu orang di sana bangkrut dan itu jarang terjadi.

9. Dubai dari ketinggian 555 meter bisa terlihat dari Burj Khalifa.

10. Bagian luar Burj Khalifa merupakan taman dengan 26.000 panel kaca, semuanya dipotong satu per satu dengan tangan.

Tentunya Burj Khalifa menjadi  salah satu daya tarik wisata di jazirah Arab. Untuk anda yang ingin menikmati kota Dubai dengan melihat matahari yang indah harga tiket per orangnya dibanderol sekitar Rp 650 ribu hingga Rp 700 ribu per orang atau sekitar 200 dirham AED. Bagaimana apakah tertarik?