Pernah Genggam Predikat Bangunan Tertinggi di Dunia, Ini Fakta Menarik Menara Kembar Petronas
Menara Kembar Petronas (Umar Mukhtar/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Bila berpelesiran ke luar negeri, kurang lengkap rasanya jika melewatkan Malaysia sebagai salah satu opsi. Bagi masyarakat Indonesia sendiri, berkunjung ke negara tetangga satu ini memang merupakan hal menarik sekaligus bikin penasaran.

Malaysia memiliki berbagai destinasi menarik untuk dikunjungi, salah satu yang paling populer tentu saja Menara Kembar Petronas. Menara ini bisa disebut sebagai bangunan ikonik terkenal di kalangan wisatawan mancanegara.

Di balik kemegahan dan kerennya menara kembar, bangunan cantik ini memiliki beberapa fakta yang mungkin jarang diketahui banyak orang. 

Apabila Anda tertarik untuk berkunjung ke Negeri Jiran, mari ketahui terlebih dahulu fakta menarik seputar Menara Kembar Petronas. Berikut lima daftarnya!

Pernah memegang rekor sebagai bangunan tertinggi

Pada tahun 1998 hingga 2004, Menara Kembar Petronas pernah menyandang predikat sebagai bangunan tertinggi di dunia. Keindahan dan kemegahan Menara Petronas selalu menarik perhatian para wisatawan lokal hingga mancanegara. Namun predikat sebagai bangunan tertinggi harus direlakan setelah berdirinya menara Burj Khalifa di Dubai di tahun 2010. 

Jumlah jendela mencapai 32.000

Fakta menarik Menara Kembar Petronas kedua adalah memiliki jumlah jendela fantastis, yakni sebanyak 32.000. Tak hanya itu, bangunan megah yang menjulang tinggi ini juga memiliki total 88 gedung dengan ketinggian 452 meter, 40 lift dan 20 eskalator di dalamnya. Bisa Anda bayangkan betapa megahnya bangunan ini?

Setiap gedung memiliki kontraktor berbeda

Siapa sangka Menara Kembar Petronas ini dibangun oleh kontraktor yang berbeda. Meskipun dinamai Menara Kembar, namun pembangunannya dilakukan oleh dua kontraktor dari dua Negara berbeda. Gedung pertama dibangun oleh konsorsium asal Jepang, sementara gedung kedua oleh konsorsium asal Korea Selatan. 

Sebagai jembatan penghubung tertinggi kedua di Dunia

Sebagai bangunan megah, Menara Petronas juga memiliki jembatan yang menghubungkan dua gedung kembar ini. Jembatan ini disebut Sky Bridge yang terletak di lantai 41 dan 42 dengan ketinggian 170 meter di atas permukaan tanah. 

Pernah dipanjat oleh Alain Robert

Ketinggian Menara Kembar Petronas rupanya pernah menarik perhatian pemanjat profesional asal Prancis, Alain Robert pada tahun 1997. Alain berhasil menaklukkan Menara Kembar dengan tangan kosong tanpa sehelai pengaman.

Bule asal Prancis ini berhasil memanjat Menara Kembar Petronas hingga lantai 60, sebelum akhirnya diamankan oleh polisi setempat.