Bagikan:

JAKARTA - Roger Corman, sutradara sekaligus produser film legenda meninggal dunia pada usia 98 tahun. Ia meninggal pada 9 Mei diumumkan oleh pihak keluarga.

Corman meninggal di kediamannya di daerah Santa Monica, Calif dan dikelilingi oleh anggota keluarganya.

“Film-filmnya revolusioner dan ikonoklastik, serta mencerminkan semangat zaman. Ketika ditanya bagaimana ia ingin dikenang, ia berkata, 'Saya adalah seorang pembuat film, hanya itu saja,” kata pihak keluarga melansir Variety pada hari ini, Senin, 13 Mei.

Roger Corman adalah sosok di balik New World Pictures dan Concorde/New Horizons. Ia adalah salah satu pionir film berbujet rendah dengan beragam genre mulai dari horor, aksi, fiksi sains, dan tema keluarga. Ia juga menjadi di balik berkembangnya berbagai talenta perfilman dari sutradara Jack Nicholson, Robert de Niro, sutradara Francis Ford Coppola dan Martin Scorsese.

Di awal kariernya, Coppola dan James Cameron membuat film mereka untuk Corman. Coppola juga membuat Corman berperan sebagai Senator di The Godfather 2.

Menyutradarai lebih dari 70 film dan memproduksi 300 talenta baru, Roger Corman memulai kariernya melalui independen.

Pada tahun ini, ia diumumkan bersama Joe Dante dan Brad Krevoy berencana membuat reboot dari film Little Ship of Halloween Horrors, film klasik milik Corman. Film orisinalnya dibuat dalam dua hari menggunakan set dari film yang ia buat sebelumnya, A Bucket of Blood.

Kabar ini menjadi duka cita di dunia perfilman, khususnya para sutradara yang memulai kariernya bersama Corman dan rumah produksi.

Salah satunya John Carpenter yang menyebut Corman sebagai sutradara paling berpengaruh dalam hidupnya. Melalui cuitan pribadinya, ia menulis, “Sebuah keberuntungan mengenal dia, sebagai teman baik. Dia membentuk masa kecil saya dengan film fiksi sains dan Edgar Allen Poe.”