Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi masyarakat yang sudah terdaftar sebagai calon jemaah haji untuk berangkat haji, disarankan untuk membaca bacaan niat ibadah haji. Bacaan niat haji dilafalkan sebelum menunaikan ibadah agar lebih afdol dan diharapkan menjadi haji yang mabrur.

Bacaan Niat Ibadah Haji

Niat adalah bacaan yang dilafalkan sebelum menunaikan segala ibadah, termasuk ibadah haji. Oleh karena itu penting bagi calon jemaah haji untuk mengetahui kemudian melafalkan niat haji baik dilafalkan langsung maupun dalam hati. Kedudukan niat haji sendiri cukup penting karena menjadi rukun pertama dalam ibadah haji.

Dikutip dari situs Kementerian Agama Sulawesi Barat, rukun haji yang pertama adalah ihram atau mengucapkan niat untuk melaksanakan haji di Miqot. Bagi calon jemaah haji, sebelum berangkat ke Tanah Suci untuk berhaji diharuskan membaca niat.

Berikut ini bacaan niat haji lengkap dengan tulisan arab, latin, dan artinya.

نَوَيْتُ الحَجَّ وَأَحْرَمْتُ بِهِ اللَّهِ تَعَالَى لَبَّيْكَ اللَّهُم حَجَّا

Nawaitul hajja wa ahramtu bihi lillahi ta'ala labbaika Allahumma hajjan

Artinya:

Aku niat haji dengan berihram karena Allah Ta'ala. Aku sambut panggilan-Mu Ya Allah untuk berhaji.

Cara Membaca Niat Ibadah Haji

Secara umum niat ibadah dibaca sebelum melakukan ibadah itu sendiri. Terkait tata cara baca niat haji, ada banyak perbedaan pendapat.

Dilansir dari situs Muhammadiyah, niat ibadah haji atau niat ihram dilakukan dengan cara berniat ikhlas melakukan ibadah haji karena Allah SWT.

Setelah itu melafalkan “Labbaika ‘umratan” (untuk umrah), atau “Labbaika hajjan wa ‘umratan” (untuk ibadah haji dan umrah), atau “Labbaika hajjan” (untuk ibadah haji). Bacaan tersebut dibaca sesuai dengan jenis haji yang hendak dilakukan di tempat-tempat (miqat) yang sudah ditentukan.

Tata cara baca niat haji tersebut oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah didasarkan pada beberapa hadist, salah satunya adalah yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yang artinya sebagai berikut.

“Saya mendengar Rasulullah Saw membaca talbiyah untuk berihram haji dan umrah bersama-sama dengan bacaan “Labbaika ‘umratan wa hajjan” (Aku patuhi perintahMu untuk umrah dan haji)” [HR. al-Bukhari dan Muslim].

Selain itu ada pendapat lain terkait tata cara baca niat haji. Dikutip dari NU Online, ulama Imam An-Nawawi menjelaskan bahwa niat haji harus dimantapkan dalam hati, dilafalkan, dan diiringi lafal talbiyah.

“Orang yang ingin ihram harus berniat dalam hati, melafalkan niat, dan bertalbiyah. Hendaklah ia mengatakan dalam hatinya sembari dilafalkan, ‘nawaitul hajja wa ahramtu bihi lillahi ta’ala, labbaik allahumma labbaik, aku niat haji dan berihram karena Allah SWT, aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah’, hingga akhir lafal talbiyah. Ini termasuk niat yang paling sempurna.”

Disarankan pula bagi masyarakat yang berencana daftar haji tahun depan untuk mengetahui cara mendaftar haji online.

Itulah informasi terkait bacaan niat ibadah haji. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.