5 Klarifikasi Teuku Ryan atas Tudingan Ria Ricis di Surat Putusan Cerai
Teuku Ryan (Instagram @teukuryantr)

Bagikan:

JAKARTA - Selebritas Teuku Ryan akhirnya angkat bicara terkait poin-poin di dalam putusan surat cerai yang diunggah di laman Mahkamah Agung Republik Indonesia beberapa waktu lalu yang di mana di dalam surat tersebut dijabarkan secara jelas alasan Ria Ricis menggugat cerai dirinya.

Namun, menurut Ryan, ada beberapa hal yang harus diluruskan karena sudah banyak pemberitaan negatif dan simpang siur yang akhirnya malah menjadi pembunuhan karakter bagi dirinya.

Berikut ini, rangkuman klarifikasi Teuku Ryan:

1. Es susu kurma

Pertama, Teuku Ryan mengklarifikasi terkait insiden es susu kurma yang menjadi awal mula pertikaian antara Ria Ricis dengan ibunda Ryan alis mertuanya. Dalam surat putusan cerai secara garis besar Ria Ricis merasa sakit hati karena ditegur oleh mertuanya saat memberikan es susu kurma kepada Teuku Ryan yang ternyata Ryan tidak boleh meminum air dingin akibat mengidap amandel.

Dari sisi Ryan ia menganggap hal ini merupakan hal biasa, namun ia menyadari mungkin kondisi emosional Ria Ricis sedang tidak stabil akibat sedang hamil muda. Ia menuturkan kalau setelah kejadian itu ia juga menegur sang ibu dan akhirnya ibunya meminta maaf kepada Ria Ricis.

"Sebenarnya situasi ini sangat disayangkan dan sebenarnya juga saya sudah menegur Ibu saya, tapi saya tanpa memberitahu istri saya sehingga dia berpikir saya tidak pernah membelanya," kata Teuku Ryan dikutip VOI dari YouTube Ryan TR Official, Selasa, 7 Mei.

"Ibu saya pun menyadari kekeliruan dan langsung meminta maaf kepada saya dan istri saya walaupun maksudnya hanya sekedar bertanya dan semua sudah diluruskan dan dimaafkan oleh istri saya buktinya adalah satu konten youtube Istri saya," sambungnya.

2. Masalah Fisik dan Implan

Kemudian, Teuku Ryan juga meluruskan terkait adanya dugaan body shamming yang ia lontarkan kepada Ria Ricis. Dalam pembelaannya, Teuku Ryan mengatakan bahwa hal itu menjadi bentuk perhatiannya sebagai seorang suami yang melihat istrinya alami penurunan berat badan drastis.

"Selanjutnya adalah perihal body shaming yang saya pernah dibilang mengatakan istri saya ini adalah bentuk perhatian saya sebagai seorang suami yang melihat kondisi istrinya yang mengalami penurunan berat badan secara drastis," tutur Teuku Ryan.

"Dalam keadaan bercanda aya sempat menyampaikan agar lebih berisi untuk saya lebih enak peluk yaitu sekedar bercandaan suami istri dan itu sebenarnya enggak bermaksud ini adalah karena saya peduli terhadap istri saya, memang saya melihat kondisi istri saya yang dia bekerja, dia sibuk ngurus ini ngurus itu," jelas Ryan.

Ryan juga menjelaskan bahwa terkait merubah penampilan bukan hanya dilakukan oleh ia saja, Ria Ricis juga pernah beberapa kali memintanya untuk memiliki gaya rambut sendiri dan tidak diizinkan memanjangkan janggut.

"Ibunya Mona juga pernah mengomentari saya gitu kayak maunya rambut saya tuh gaya seperti ini, saya enggak boleh berewokan karena dia tidak suka," paparnya.

3. Nafkah Batin

Teuku Ryan akhirnya buka suara terkait isu nafkah batin yang disebutkan oleh Ria Ricis dalam surat putusan perceraian, di mana ia mengklaim tidak pernah disentuh suaminya setelah melahirkan putri mereka, Moana. Dalam sudut pandang Teuku Ryan ia tidak memberikan nafkah batin karena merasa tertekan.

"Perlu diketahui dalam melakukan proses ini tentu harus dengan bahagia dan hati yang tenang sedangkan saya selalu dalam keadaan tertekan dalam pernikahan ini banyak hal-hal kecil yang tidak mau saya ungkap tapi ini harus dijelaskan Kenapa saya merasa tertekan," tutur Ryan.

Salah satu alasan Ryan merasa tertekan karena harus membayar dua cicilan rumah sekaligus ketika pendapatannya masih pas-pasan. Ia mengungkapkan kalau ia dituntut untuk selalu menuruti keinginan Ria Ricis.

"Yang kedua mengenai cicilan rumah yang saya tidak pernah diajari nyicil oleh orang tua saya saya diajari menabung ya ketika ada uangnya beli. Saya stres menghadapi dua cicilan, yang satu rumah Gria Harmoni ini yang kita beli bersama dan yang satu lagi saat ini rumah yang lagi direnovasi oleh ibunya Moana itu nilainya sangat besar per bulannya sedangkan pendapatan saya pas-pasan," imbuh Ryan.

"Saya tidak bisa mengkomunikasikan perasaan tertekan saya karena saya harus mengikuti kemauan istri itulah mengapa saya hilang gairah karena batin saya tertekan dan cenderung tidak dihargai segala sesuatu yang sudah saya berikan," jelasnya.

4. Kabur dari Rumah

Lebih lanjut, Teuku Ryan meluruskan terkait kabar ia kabur dari rumah selama berbulan-bulan. Ia menegaskan kalau ia bukan kabur melainkan tidak diterima atau diusir ketika Ria Ricis pindah dari rumah di Kemang ke Kebagusan.

Pada saat rumah di Kebagusan sedang direnovasi, Ryan diminta untuk sementara tinggal di rumah Kemang, namun ketika sewa rumah itu sudah habis, Ryan melalui asistennya diminta memindahkan barang-barangnya ke rumah di Kemang. Tidak disampaikan langsung oleh Ria Ricis sendiri yang akhirnya membuat Ryan merasa malu.

"Jadi yang membuat saya langsung angkat kaki adalah ketika orang lain yang menyampaikan bahwa kemauan istri saya jangan tinggal di rumah Kebagusan itu dan Asisten saya bilang itu sudah tiga kali disampaikan ke Mbak untuk mengangkat barang saya pindah ke Gria dan yang keempat kalinya baru Asisten saya menyampaikan kepada saya kalau saya harus pindah di rumah Gria," cerita Teuku Ryan.

"Jadi saya tekankan sekali lagi kalau saya meninggalkan rumah berbulan-bulan itu tidaklah benar pada kenyataannya adalah yang saya jelaskan tadi," tandasnya.

5. Uang Rp 500 Juta

Terakhir Ryang mencoba klarifikasi terkait adanya uang Rp 500 juta yang disebut sebagai uang agar ia tidak mendiamkan Ria Ricis lagi. Dengan tegas Ryan menyampaikan kalau ia hanya mengetahui kalau uang itu ia dapatkan dari hasil kerja sama dengan sebuah brand.

"Jadi penjelasan masalah uang Rp 500 juta itu adalah pada saat acara 7 bulanan Moana, hamilnya istri saya, tiba-tiba saya disamperin sama Mbaknya Ricis dan dia 'bilang Ryan ada masuk rezeki Rp 500 juta buat Ryan di rekening' dan saya kaget 'uang apa kok tiba-tiba ada uang sebesar itu masuk ke rekening saya?' terus dia bilang 'itu rezeki Ryan, itu ada brand yang masuk ke Ryan, Ryan cukup mempostingnya aja setiap hari atau per minggu berapa kali ke brandnya'," jelasnya.

Ia tidak mengetahui bahwa itu ialah uang yang diberikan Ria Ricis kepada dirinya melalui kakaknya, dr. Shindy. Kalau sejak awal ia tahu itu ialah uang istrinya, Ryan dengan tegas akan menolaknya.

"Jadi yang saya ketahui adalah uang itu adalah uang Kerjaan saya pada umumnya saya tidak pernah tahu uang 500 juta itu adalah uang dari istri saya, kalau saya tahu, saya tidak bakal terima karena saya mau cerita sedikit dulu saya pernah mau dibantu juga istri saya untuk balapan karena mobil saya ketabrak, dia mau bantu untuk saya sewa mobil ratusan juta tapi saya tidak terima karena itu memang uang istri saya," imbuhnya.