Bagikan:

YOGYAKARTA – Dehidrasi terjadi ketika tubuh kekurangan cairan. Salah satu cara paling umum yang direkomendasikan untuk rehidrasi dengan cepat adalah minum air mineral. Lebih baik lagi, minum cairan yang tinggi kandungan elektrolitnya. Rehidrasi juga penting dilakukan orang yang habis olahraga, penderita diare, dan masa pemulihan penyakit. Di samping minum air mineral, berikut cara rehidrasi tubuh dengan cepat.

1. Minum minuman olahraga

Minuman olahraga mengandung air, elektrolit, dan bahan lainnya. Melansir Healthline, Senin, 6 Mei, beberapa minuman olahraga ini juga efektif untuk rehidrasi ketika cuaca panas. Perlu diperhatikan, minuman olahraga mengandung kalori tinggi, tambahan gula, atau pemanis buatan. Itu artinya tidak setiap orang tepat untuk meminumnya. Sebagai saran yang perlu diperhatikan, cek komposisi minuman olahraga yang akan Anda minum. Hindari minuman olahraga mengandung bahan yang tidak boleh Anda minum.

2. Susu skim atau susu rendah lemak

Susu bersifat menghidrasi dengan sangat baik. Secara alami, susu mengandung elektrolit konsentrasi tinggi sehingga membantu menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh Anda. Penelitian menunjukkan, susu skim atau susu rendah lemak menghidrasi serta jadi minuman olahraga yang baik diminum setelah melakukan olahraga yang intens.

cara rehidrasi dengan cepat
Ilustrasi cara rehidrasi dengan cepat (Freepik)

3. Buah-buahan dan sayur-sayuran

Buah dan sayuran mengandung 80-99 persen air. Untuk itu, keduanya adalah makanan sempurna untuk rehidrasi dengan cepat. Sebagai perbandingan, makanan olahan seperti kue kering, biskuit, dan sereal serta keripik hanya mengandung 1-9 persen air.

Buah dan sayur yang membantu menghidrasi tubuh, antara lain buah stroberi, melon, jeruk, anggur, wortel, selada, kubis, dan bayam. Anda bisa memasukkan buah dan sayuran daftar tersebut dalam menu harian Anda.

4. Larutan hidrasi oral

Larutan hidrasi oral adalah formula khusus yang digunakan mencegah serta mengobati dehidrasi yang disebabkan diare dan muntah. Larutan ini juga mendukung pemulihan olahraga dan berbahan dasar air tinggi elektrolit, natrium, klorida, kalium, dan gula berbentuk dekstrosa. Beberapa larutan yang dijual di pasar juga mengandung bahan lain seperti prebiotik dan seng.

Larutan hidrasi ini harganya mahal. Tetapi Anda bisa membuat sendiri dengan mencampurkan gula (6 sendok teh), ½ sendok teh garam, dan 1 liter air. Aduk sampai gula dan garam larut sempurna dan Anda bisa meminumnya sesuai kebutuhan.

5. Kopi dan teh

Kopi dan teh mengandung kafein yang bertindak seperti deuretik sehingga memicu buang air kecil dan buang air besar. Meskipun begitu, minum kopi dan teh bisa jadi alternatif minum air mineral. Dalam sebuah penelitian, peneliti mengamati bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara kopi dan air dalam kemampuannya menghidrasi.

Itulah kelima cara rehidrasi tubuh dengan cepat. Selain kelima cara di atas, Anda perlu memeriksakan ke dokter apabila mengalami penyebab dehidrasi parah, seperti diare, muntah, dan keringat mengucur deras karena demam.