Bagikan:

JAKARTA - Aktor veteran Bernard Hill meninggal dunia pada Minggu, 5 Mei. Kabar ini dikonfirmasi oleh agennya, Lou Coison pada Senin, 6 Mei.

Melansir Variety, pihak agen mengumumkan kabar duka itu namun tidak menjelaskan penyebab kepergian aktor Lord of the Rings tersebut.

Kabar duka itu mendapat belasungkawa dari sesama aktor dan pelaku film. Aktor Elijah Wood mengunggah foto Bernard Hill dan menulis kenangan dengan aktor tersebut.

“Istirahat dengan tenang, teman kami, raja kami, Bernard Hill. Kami tidak akan pernah melupakan kamu,” tulis Elijah Wood.

Bernard Hill pertama kali dikenal lewat perannya sebagai Yosser Hughes dalam serial Boys From the Blackstuff di tahun 1982. Ia juga membintangi berbagai serial seperti I, Claudius, Crown Court, Rooms, Fox, dan Jackanory.

Pada tahun 1997, Hill memerankan Captain Smith dalam film Titanic arahan James Cameron. Film ini mendapat 11 piala Oscar.

Kemudian ia bergabung dengan franchise Lord of the Rings sebagai King Theoden serta The Two Towers dan The Return of the King yang mendapat 11 piala Oscar.

Lahir pada 17 Desember 1944, Bernard Hill memperluas kariernya dengan membintangi sejumlah film seperti Mr. Toad’s Wild Ride (1996), A Midsummer Night’s Dream (1999), True Crime (1999), The Scorpion King (2002), Valkyrie (2008) dan ParaNorman (2012).

Menjelang akhir hayatnya, Bernard Hill memerankan serial The Responder bersama Martin Freeman yang memulai penayangan musim keduanya pada pekan ini.

Bernard Hill meninggalkan satu orang tunangan dan anaknya pada usia 79 tahun.