Manfaat Okra Hijau dan Cara Mengolahnya
Manfaat Okra Hijau dan Cara Mengolahnya (Gambar Neha Deshmukh - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Okra adalah salah satu jenis sayur buah yang belum begitu dikenal di kalangan ibu-ibu di Indonesia, padahal manfaatnya dari okra hijau ini segudang dan bagus banget buat tubuh kita. Penasaran tidak dengan manfaat okra hijau dan cara mengolahnya?

Okra hijau juga menjadi salah satu bahan makanan dalam daftar “Ragam Bahan Makanan yang Baik Untuk Masa Deoan (Future 50)”. Walaupun di pasar tradisional okra hijau sudah mulai mudah ditemui, namun masih banyak orang yang belum paham bagaimana cara mengolahnya.

Di India, tumbuhan okra diketahui dengan nama kacang bhindi serta di Amerika terdapat pula yang menyebutnya dengan nama gumbo. Secara umum, okra pula mempunyai nama lain, yakni lady finger.

Sebabnya, sayur-mayur berukuran kecil ini bagian ujungnya meruncing mirip jari tangan yang lentik. Tidak hanya itu, sayur-mayur ini bakal menghasilkan lendir, mirip dengan lidah buaya, saat dipotong serta dimasak.

Bentuk Okra bila dipotong (Gambar Sonika Agarwal Unsplash)

Manfaat Okra Hijau dan Cara Mengolahnya

I. Mengontrol Tekanan Darah

Okra hijau merupakan sayur-mayur yang baik buat disantap oleh penderita tekanan darah tinggi. Alasannya, okra hijau bisa mengendalikan tekanan darah sekalian mencegah terbentuknya hipertensi. Khasiat okra hijau ini didapatkan dari isi kalium di dalamnya.

II. Menyingkirkan Rasa Lelah

Bila Kalian mempunyai kegiatan yang padat, cobalah buat komsumsi okra hijau secara teratur. Riset, mengungkakan bawah mengkonsumsi okra hijau secara teratur berguna buat menyingkirkan rasa letih dengan cepat.

Buat memperoleh khasiat okra hijau ini, Kalian bisa memasukkan okra hijau ke dalam menu makanan tiap hari supaya Kalian lebih bertenaga.

III. Mencegah Sembelit

Konstipasi dapat terjadi apabila Kalian kurang mengkonsumsi serat. Makan okra hijau dapat jadi solusi keadaan tersebut. Isi serat yang tinggi menunjang khasiat okra hijau dalam menanggulangi ataupun mencegah konstipasi.

IV. Menurunkan Kadar Gula Darah

Khasiat okra hijau dalam merendahkan kadar gula darah diperoleh dari isi seratnya yang tinggi. Serat bisa menstabilkan kadar gula darah dengan metode memperlambat laju penyerapan glukosa (gula) dari usus.

Tidak hanya itu, sebab indeks glikemiknya yang rendah, okra hijau pula cenderung tidak cepat menaikkan gula darah. Inilah sebabnya kenapa makan okra hijau sanggup membuat kandungan gula darah jadi lebih normal.

V. Menurunkan Berat Badan

Tidak hanya baik buat mengendalikan kandungan gula darah, okra hijau pula berguna buat menolong menurunkan berat badan. Dengan teratur mengkonsumsi okra hijau, Kalian bakal merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi kemauan buat makan banyak.

Okra pula termasuk santapan rendah kalori yang kaya nutrisi, sehingga baik dikonsumsi pada saat lagi diet.

VI. Mencegah Penyakit Jantung

Okra hijau termasuk salah satu tipe sayur-mayur yang baik buat mencegah penyakit jantung. Ini karna sayur-mayur ini berguna buat mengendalikan tekanan darah serta mengurangi kolesterol, sehingga dapat menurunkan resiko terjadinya plak serta kerusakan pada pembuluh darah jantung.

Cara Mengolah Okra Hijau

Okra bisa dimasak seperti memasak sayur-mayur lainnya, dapat ditumis, direbus dalam kari ataupun dibikin sup, ataupun terdapat pula yang mencernanya jadi keripik. Tekstur bagian luar okra renyah semacam oyong serta bagian dalamnya lembut semacam terung. Lendir yang keluar saat okra dipotong serta dimasak secara otomatis bakal membuat masakan jadi lebih kental.

Bila kurang suka dengan kekentalan tekstur masakan akibat lendir yang dikeluarkan okra saat dimasak, terdapat beberapa metode yang dapat dilakukan:

  • Hindari mencuci okra bila belum siap dimasak
  • Bila terkena air, lendir yang keluar jadi semakin banyak. Jadi, lakukan pencucian sesaat sebelum okra hendak diolah.
  • Potong okra dalam ukuran yang tidak begitu kecil

Semakin banyak dipotong maka lendir yang keluar bakal semakin banyak. Okra pula biasa dimasak tanpa dipotong, kok.

Merendam dalam air cuka

Metode ini bisa kurangi lendir yang keluar. Rendam dahulu okra selama 30 menit dalam air cuka, setelah itu cuci bersih, serta baru dipotong- potong kemudian dimasak.

Tidak hanya buat masakan, okra pula populer dijadikan infused water. Namun jangan terkejut bila infused water kalian jadi kental, ya, sebab justru seperti itu khasiatnya yang tidak ditemukan dalam infused water yang lain. Cukup pakai 2 buah okra buat 500 ml air. Potong-potong okra, masukkan ke dalam botol berisi air, tambahkan irisan jeruk lemon. Itulah sebagian khasiat okra hijau yang menyehatkan badan. Selamat mencoba!

Selain itu kalian juga perlu mengetahui “Cara Memilih Sayuran yang Baik” agar sayur yang kita beli tidak mengecewakan.

Jadi setelah mengetahui manfaat okra hijau dan cara mengolahnya, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!