Tips Membuat Planning setelah Lulus SMA, Kerja atau Kuliah?
Planning setelah lulus SMA (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Seperti memasuki babak baru dalam kehidupan, setelah lulus SMA seseorang harus merencanakan apa yang akan dilakukan selanjutnya. Ada beberapa jalan yang bisa dipilih bagi anak muda yang baru saja lulus. Bisa itu melanjutkan kuliah, langsung masuk ke dunia kerja, mulai membuka usaha, dan lainnya. 

Tidak sedikit anak muda yang masih bingung menentukan langkah setelah lulus dari SMA. Mereka tidak memiliki planning sehingga merasa terombang-ambil dan tidak memiliki arah tujuan. Padahal rencana ini harus disusun sejak jauh-jauh hari, bahkan sebelum tamat dari sekolahan. 

Namun untuk menentukan rencana jalan karier ini juga disesuaikan dengan visi-misi dan kondisi setiap individu. Setiap pilihan memiliki tujuannya yang baik asalkan disiapkan dengan maksimal. Lantas bagaimana cara planning setelah lulus SMA agar tidak bimbang dan bisa produktif?

Tips Planning setelah Lulus SMA

Setelah menamatkan jenjang SMA, biasanya setiap individu akan berpencar atau terpisah memilih langkahnya masing-masing. Ada berbagai pilihan rencana karier setelah lulus yang bisa diambil oleh anak-anak muda. Terkadang adanya beberapa jalan karier ini membuat banyak orang bingung ingin ke arah mana?

Pastinya Anda tidak ingin luntang-lantung atau tidak punya kegiatan setelah lulus SMA. Oleh karena itu, sebaiknya merencanakan arah tujuan sesuai dengan cita-cita dan kebutuhan masing-masing individu. Bagi Anda yang duduk di tingkatan akhir bangku sekolah, sima tips planning setelah lulus SMA berikut ini:

Lanjut Studi Kuliah

Rencana lanjut studi ini cocok bagi Anda yang ingin menambah dan memperdalam ilmu. Dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, Anda mempunyai bekal keilmuan lebih banyak dan bisa meraih gelar sesuai bidang studi yang dipilih. 

Namun untuk bisa masuk kuliah, Anda harus menyiapkan biaya yang cukup besar. Itulah mengapa tidak semua orang beruntung bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Seringkali anak-anak muda dari keluarga kurang mampu atau miskin tidak bisa kuliah karena kekurangan modal. 

Namun bagi Anda yang dari keluarga menengah ke bawah, jangan putus semangat. Anda tetap bisa masuk perguruan tinggi dengan skema beasiswa. Ada berbagai beasiswa yang disediakan oleh pemerintah maupun pihak swasta untuk membiayai anak-anak berbakat dan berprestasi untuk melanjutkan pendidikan. 

Langsung Masuk ke Dunia Kerja

Jalan kedua yang bisa ditempuh setelah lulus SMA adalah terjun ke dunia kerja. Pilihan karier ini biasanya diambil oleh para pelajar lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pelajar SMA memang dididik dan dibentuk untuk menguasai keterampilan tertentu. 

Berbekal pengajaran yang didapat saat sekolah dan pengalaman magang, siswa SMK memang lebih siap langsung bekerja dibandingkan lulusan SMA. Biasanya pihak sekolah juga menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan untuk membuka peluang bagi lulusannya bisa langsung bekerja. 

Membuka Bisnis Sendiri

Mungkin ada yang tidak berminat kuliah dan enggan bekerja ikut orang lain atau dalam perusahaan. Jika Anda salah satunya, mungkin membuka usaha mandiri bisa menjadi pilihan yang cocok setelah lulus SMA. Anda bisa mencoba menjadi pengusaha muda dengan menjual produk atau jasa tertentu. 

Sebagian orang memang lebih tertarik menjadi pengusaha karena jam kerjanya yang fleksibel dan keuntungan yang bisa selalu meningkat. Namun di balik itu, untuk menjadi seorang pengusaha diperlukan mental tahan banting dan strategi bisnis. Anda harus jeli dalam membaca peluang dan memikirkan teknik untuk menggaet konsumen. 

Mengikuti Kursus Bahasa Asing

Planning lainnya yang bisa jadi pilihan Anda adalah menjalani kursus bahasa asing. Biasanya kursus bahasa asing diikuti oleh orang yang ingin bekerja di luar negeri. Sebagai pekerja dari negara lain maka Anda diharuskan menguasai bahasa negara tersebut atau bahasa internasional. 

Banyak orang tertarik bekerja di luar negeri setelah lulus SMA karena tawaran gaji yang besar. Bayaran bekerja di luar negeri memang terbilang lebih besar dibanding sallary yang diterima pekerja di Indonesia. Namun besaran gaji tersebut juga tergantung dari mana negaranya dan perusahaannya. 

Demikianlah tips planning setelah lulus SMA yang perlu dipahami oleh para pelajar. Buatlah rencana karier sejak jauh-jauh hari sebelum lulus supaya mengetahui arah langkah dan tidak bimbang. Pilihlah sesuai impian dan kebutuhan Anda karena setiap orang memiliki kondisi yang berbeda. Baca juga tips memilih beasiswa yang tepat.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.