Bagikan:

JAKARTA - Estrogen adalah hormon alami yang dikenal karena perannya dalam kesuburan wanita, tetapi estrogen yang terlalu banyak menumpuk di dalam tubuh akan menyebabkan kenaikan berat badan dan dapat meningkatkan risiko kanker, osteoporosis, gangguan tiroid, dan penyakit lain.

Untungnya, Anda dapat menurunkan level estrogen di rumah melalui perubahan diet dan gaya hidup. Berikut enam jenis makanan yang dapat menurunkan kadar hormon estrogen, dilansir dari Livestrong, Senin, 18 Maret.

Edamame

Kedelai kaya akan isoflavon, yang dapat bertindak seperti estrogen lemah dan estrogen kuat, pada beberapa wanita. “Kedelai adalah estrogen cerdas, artinya dapat berfungsi sebagai estrogen atau anti-estrogen, bergantung pada seberapa banyak hormon yang diproduksi tubuh Anda,” jelas Dr. Seibel. Dulu ada kekhawatiran bahwa mengonsumsi kedelai, karena potensi sifat estrogeniknya, dapat meningkatkan risiko kanker payudara, namun sebagian besar penelitian telah membantah teori ini, menurut Mayo Clinic.

Sayuran bertekstur renyah

Sayuran bertekstur renyah – terutama brokoli, kubis, dan kembang kol – mengandung fitokimia tingkat tinggi yang dapat menghambat produksi estrogen, kata Dr. Seibel. Faktanya, wanita yang mengonsumsi makanan vegetarian memiliki kadar estrogen dalam darah hingga 20 persen lebih rendah dibandingkan wanita yang mengonsumsi daging, menurut Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat Universitas Wisconsin-Madison.

Gandum utuh

Wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki lebih banyak estrogen karena sel lemak memproduksi estrogen, jelas Dr. Seibel. Serat membuat Anda merasa kenyang lebih cepat dan berperan penting dalam penurunan berat badan. Dan biji-bijian seperti beras merah, quinoa, oat, dan barley kaya akan serat.

Selain itu, pola makan kaya serat menurunkan jumlah estrogen yang diserap dan meningkatkan jumlah estrogen yang dikeluarkan dari tubuh, catat University of Wisconsin-Madison. Academy of Nutrition and Dietetics menyarankan untuk mengonsumsi sekitar 25 gram serat setiap hari.

Biji rami

Pembangkit listrik kecil ini kaya akan lignan, fitoestrogen, atau estrogen nabati, kata Dr. Seibel. Biji rami mungkin memiliki efek anti-estrogen, menurut Mayo Clinic. Tambahkan satu sendok makan biji rami bubuk ke oatmeal Anda setiap pagi untuk mulai menuai manfaatnya hari ini, saran Mayo Clinic.

Ikan salmon

Saat stres, tubuh merespons dengan meningkatkan produksi hormon stres kortisol, yang terbuat dari prekursor hormon seks lain yang disebut progesteron. Hal ini dapat mengganggu keseimbangan estrogen dan progesteron dalam tubuh, dan ketidakseimbangan inilah yang dapat menyebabkan penambahan berat badan, perubahan suasana hati, dan gejala dominasi estrogen lainnya, jelas Dr. Seibel. Kortisol juga bersifat inflamasi.

Salmon dan ikan berlemak lainnya kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat meredakan peradangan. American Heart Association merekomendasikan agar Anda mengonsumsi ikan berlemak – termasuk tuna, mackerel, herring, dan trout danau – setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan manfaat anti-inflamasi. Asam lemak omega-3 juga merupakan sumber lignan yang baik, senyawa yang dapat menurunkan atau menghalangi efek estrogen pada beberapa jaringan, menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University.

Jamur

Jamur dapat mengurangi produksi enzim yang disebut aromatase, yang mengubah hormon androgen menjadi estrogen, kata Dr. Seibel. Mereka juga rendah kalori dan kaya nutrisi, termasuk potasium dan vitamin B kompleks, seperti riboflavin, niasin, dan asam pantotenat, menurut Academy of Nutrition and Dietetics.