Pasangan yang Diam-diam Punya 6 Kebiasaan Ini, Memiliki Hubungan Sehat
Ilustrasi kebiasaan hubungan pasangan yang sehat (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Aktivitas romantis memang menyenangkan, tetapi hubungan sehat tidak ditentukan oleh seringnya momen berbunga-bunga ini. Tentu mengirim bunga sesekali, mengirim teks menggambarkan perhatian, hingga memberikan pelukan, sangat berarti dalam hubungan romantis. Tetapi kalau pasangan Anda diam-diam memiliki enam kebiasaan berikut ini, artinya hubungan dengan Anda sehat.

1. Berkomunikasi secara efisien

Kalau Anda dan pasangan memiliki hubungan sehat, artinya pandai membuat keputusan bersama. Suatu keterampilan yang membentuk kepandaian tersebut adalah cara komunikasi yang efisien dan kolaboratif. Indikator bisa memahami satu sama lain sehingga mudah berkolaborasi, adalah efisiensi komunikasi, puas dalam hubungan, dan mengambil keputusan lebih cepat.

2. Cukup tidur

Tidur yang nyenyak sangat bermanfaat. Tak hanya secara individu, tetapi juga memengaruhi kesuksesan hubungan. Ketika seseorang kurang tidur, penelitian menunjukkan akan lekas marah dan membuatnya keras menilai sesuatu dalam hubungan. Artinya, pasangan yang diam-diam punya kebiasaan cukup tidur, lebih mungkin menghindari dari efek negatif kurang tidur yang berdampak dalam hubungan.

kebiasaan hubungan pasangan yang sehat
Ilustrasi kebiasaan hubungan pasangan yang sehat (Freepik)

3. Berpelukan

Mengekspresikan kasih sayang setiap hari adalah kebiasaan yang mendukung kesejahteraan hubungan. Berpelukan salah satunya. Penelitian dilansir Psychology Today, Rabu, 13 Maret, menunjukkan bahwa berpelukan berefek langsung dalam meningkatkan kepuasan hubungan. Seseorang yang mengekspresikan kasih sayang secara fisik, termasuk berpelukan, juga cenderung lebih puas dalam hubungan mereka.

4. Menghabiskan lebih banyak waktu bersama teman-teman

Anda tentu tak menduga, bahwa seseorang yang menikmati lebih banyak waktu bersama teman-temannya, memiliki kualitas hubungan yang romantis. Ini diungkapkan oleh penelitian pada tahun 2023 dipublikasikan dalam Hournal of Social and Personal Relationship. Penelitian ini menunjukkan, pasangan yang sehat tahu betul seberapa banyak waktu diinvestasikan dalam persahabatan sambil memprioritaskan hubungan romantis mereka.

5. Sering bernostalgia

Bernostalgia atau mengenang momen indah di masa lalu, ternyata baik dalam hubungan Anda. Penelitian terbaru menunjukkan, terlibat dalam nostalgia tertentu, memprediksi fungsi hubungan yang lebih kuat. Nostalgia romantis melibatkan refleksi masa lalu yang indah bersama pasangannya.

6. Sering bermain

Dalam konteks hubungan romantis yang sehat, bermain diasosiasikan sebagai kegembiraan dan memiliki gaya interaksi yang berpeluang meningkatkan hubungan. Artinya pasangan yang ceria dalam berinteraksi, cenderung lebih puas dengan hubungan mereka.

Di samping memiliki kebiasaan di atas, hubungan yang sehat membutuhkan upaya. Bukan upaya yang instan dan melulu membuat momen besar. Tetapi kebiasaan-kebiasaan kecil yang dilakukan diam-diam, ternyata juga berpengaruh besar dalam membangun hubungan sehat.