5 Tips Mengekspresikan Cemburu pada Pasangan dengan Cara yang Lebih Positif
Ilustrasi (Yulia Polyako/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Kebanyakan orang memandang kecemburuan dari sudut pandang negatif. Banyak anggapan orang cemburu karena merasa cemas dan tidak aman dengan hubungannya. Atau sebagai orang yang terlalu posesif dan pemarah, serta curiga terhadap setiap tindakan yang dilakukan pasangannya. 

Jika dilihat dari sudut pandang berbeda, pasangan pencemburu bisa jadi karena dia merasa terlalu senang dengan hubungannya. Dan ingin membangun landasan kepercayaan dengan mengungkapkan kebutuhan dan batasannya.

Jika Anda merasa cemburu, tidak perlu memendamnya dalam hati. Ungkapkan perasaan cemburu dengan jujur, langsung, dan meneguhkan diri sendiri. Tapi juga tetap memerhatikan emosi dan boundaries pasangan. 

Mulailah dengan Introspeksi Diri

Beberapa orang lebih rentan terhadap rasa cemburu dibandingkan yang lain, terutama orang-orang yang memiliki harga diri rendah, rasa tidak aman, dan kecemasan. Kesepian dan memiliki gangguan attachment style juga bisa membuat Anda lebih mungkin mengalami kecemburuan dalam hubungan romantis.

Dilansir dari Very Well Mind, Selasa, 20 Februari, coba luangkan waktu mempertimbangkan reaksi Anda terhadap hubungan, perilaku, atau aktivitas pemicu rasa cemburu. Hal ini dapat memberi Anda wawasan tentang apa yang sedang terjadi dan apa yang mungkin diungkapkan oleh perasaan cemburu Anda.

Tenangkan Diri sebelum Membahas

Sebaiknya jangan memulai percakapan dengan emosi tinggi. Jika memungkinkan, luangkan waktu menuliskan apa yang ingin Anda katakan sebelumnya, karena ini dapat membantu Anda mengumpulkan pemikiran.

Latih sendiri apa yang ingin Anda katakan atau melakukan percakapan pura-pura dengan teman. Lakukan pernapasan dalam dan meditasi sebelum mengungakpakan rasa cemburu jika metode tersebut berhasil untuk Anda.

Bagikan Kekhawatiran, Bukan Tuduhan

Pasangan akan mudah bersikap defensif jika Anda mulai menyebutkan semua hal yang dia lakukan sehingga membuat Anda cemburu. Sebaliknya, pusatkan perhatian pada perasaan dan kekhawatiran Anda, alih-alih menyalahkan atau menuduh.

Beri waktu

Mengungkapkan perasaan cemburu dalam hubungan dan menanti reaksi pasangan terhadap apa yang Anda sampaikan, mungkin memerlukan beberapa percakapan. Harapannya, pasangan bisa mendengar perasaan Anda, dan mengungkapkan perasaannya. Percakapan ini juga bisa menjadi peluang membahas "aturan" dalam hubungan sehingga perasaan cemburu dapat dicegah. 

Ikut Terapi Pasangan

Terkadang percakapan dengan pasangan tentang kecemburuan tidak berjalan sebaik yang Anda harapkan. Hal ini dapat dimaklumi karena rasa cemburu adalah emosi yang sangat kuat dan menantang. Banyak pasangan mendapat manfaat dari beberapa sesi dengan terapis untuk mengatasi perasaan ini.

Terapi pasangan dapat menawarkan ruang mengekspresikan perasaan Anda, mempelajari keterampilan komunikasi dan resolusi konflik yang lebih efektif, mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pemicu stres yang ada dalam hubungan Anda, dan meningkatkan kepercayaan.