4 Tips Menjalin Pertemanan di Kantor Sambil Menjaga Hubungan Tetap Profesional
Ilustrasi (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Menjalin hubungan pertemanan dengan rekan kerja dapat membuat hari-hari Anda di kantor jadi lebih menyenangkan. Terlebih jika Anda mengalami kesulitan untuk menyukai dunia kerja Anda sekarang. Jadi, mulailah menjadi lebih dekat dengan mereka. Bagaimana caranya?

Bersikap terbuka saat mencari teman di kantor

“Bayangkan tempat kerja Anda sebagai salah satu tempat terbaik menjalin pertemanan karena Anda akan sering bertemu orang-orang ini,” kata Shasta Nelson, Friendship Coach dan Penulis “The Business of Friendship: Making the Most of the Relationships Where We Spend Most of Our Time”

Shasta merekomendasikan untuk tetap berpikiran terbuka dan mengambil kesempatan terhubung dengan orang-orang kapanpun jika memungkinkan. Karena bisa jadi Anda akan menemukan teman di tempat yang tak terduga, baik di tim, departemen lain, atau bahkan saat berinteraksi dengan klien atau vendor.

Mulai percakapan

Berteman itu tentang mengenal orang secara perlahan dan bertahap. Anda bisa memulai  obrolan ringan dan percakapan sederhana. Yang membantu Anda menemukan kesamaan dan minat bersama.

Jangan khawatir mencoba melakukan percakapan mendalam saat berteman di tempat kerja. Yang penting adalah lakukan secara bertahap dan berbagi juga sedikit tentang diri Anda.

“Pastikan orang lain juga mengenali diri Anda dengan berbagi ide, pendapat, dan cerita tentang Anda,” saran Nelson, dilansir dari Very Well Mind, Selasa, 30 Januari.

Lebih sering pergi ke kantor

Saat ini, pekerjaan jarak jauh atau hybrid lebih banyak diminati setelah masa pandemi. Bekerja jarak jauh memang menawarkan banyak manfaat. Tapi, salah satu kelemahannya yaitu semakin sulit mendapatkan teman kerja. Sedangkan bekerja di kantor dapat membantu Anda bertemu kolega dan terhubung dengan mereka. 

Minta dan tawarkan bantuan

Hubungan kerja seringkali bersifat transaksional, yang dapat menyebabkan hubungan menjadi dangkal atau kaku. Untuk itu, prioritaskan timbal balik dan kemurahan hati untuk membantu Anda terhubung dengan rekan kerja pada tingkat yang lebih pribadi. 

“Meminta dukungan dan menawarkan bantuan kepada kolega akan membuka jalur komunikasi yang lebih rentan, menciptakan lahan subur di mana persahabatan dapat berkembang,” kata Nelson.

Tujuannya, menunjukkan kepada orang bahwa mereka dapat mengandalkan Anda dan membiarkan mereka mendukung Anda sebagai balasannya.

Ingatlah, Anda tidak perlu berteman dengan semua orang di tempat kerja. Tidak semua orang cocok dengan Anda dan itu tidak masalah. Tahap menjajaki pertemanan dengan seseorang di tempat kerja bertujuan mengetahui kalau dia cocok atau tidak untuk Anda, ataupun sebaliknya dan ini tidak masalah. 

Terkait