Memahami Pengertian Chemistry atau Perasaan Terhubung dalam Hubungan
Ilustrasi (Vlada Karpovic/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam interaksi manusia, chemistry terwujud dalam hubungan sehari-hari, seperti dalam pertemanan maupun pernikahan. Sederhananya, chemistry merupakan perasaan terhubung dengan orang lain. Ini merupakan bentuk ketertarikan dan menginginkan sesuatu yang lebih dari orang tersebut. Chemistry terbagi dalam beberapa kelompok sebagai berikut, dilansir dari Very Well Mind, Rabu, 13 Maret.

Chemistry Persahabatan

Orang yang Anda pilih sebagai teman kemungkinan besar memiliki minat, politik, dan/atau demografi yang sama dengan Anda. Tapi pertemanan tidak hanya terjalin karena seseorang memiliki rasa yang serupa dengan Anda. Sebaliknya, chemistry persahabatan memainkan peran besar dalam menentukan siapa yang dipilih untuk dijadikan teman.

Chemistry Karir

Jika Anda pernah memiliki kolega yang disukai untuk mengerjakan proyek bersama, Anda mungkin memiliki chemistry karir dengan orang tersebut. Bentuk chemistry ini lebih spesifik daripada chemistry persahabatan, dan tidak selalu melibatkan selera atau minat seseorang. Sebaliknya, ini adalah hubungan dan dinamika perasaan produktif dan terinspirasi dengan orang lain.

Anda dapat melontarkan ide satu sama lain dengan mudah, saling berbagi pemikiran, dan merasa bahwa apa yang Anda ciptakan bersama lebih baik daripada hasil karya jika dilakukan sendiri-sendiri.

Chemistry Seksual

Chemistry seksual adalah apa yang Anda rasakan terhadap seseorang yang ingin diajak berhubungan intim. Jika ini adalah pengalaman tatap muka, diyakini bahwa Anda merespons feromon orang tersebut, yaitu hormon yang membantu memahami bagaimana seseorang nantinya sebagai pasangan.

Saat seseorang berada dalam jarak jauh, Anda dapat bereaksi terhadap foto, suara, tulisan, atau videonya. Contoh chemistry meski berjauhan adalah naksir selebriti, di mana Anda memiliki keinginan untuk dekat dengan seseorang tetapi belum pernah bertemu dengannya.

Chemistry seksual sering kali dirasakan secara visual pada tubuh. Anda bisa merasakan sesak napas, berkeringat, hangat, atau bersemangat ketika melihat atau berbicara dengan seseorang yang Anda rasakan ketertarikan seksualnya.

Chemistry romantis

Chemistry seksual biasanya merupakan bagian dari chemistry romantis, tetapi tidak selalu demikian. Chemistry romantis berpusat pada apa yang Anda pikirkan tentang romansa. Bagi Anda, ini mungkin berarti memberi/menerima bunga, makan malam romantis, atau membicarakan harapan dan impian Anda setelah berhubungan intim.

Bisakah Chemistry Diperoleh atau Diciptakan?

Chemistry romantis dan seksual biasanya membawa Anda ke dalam suatu hubungan ketertarikan pada orang lain. Dan keinginan untuk berbagi hidup dengan mereka. Namun, ada banyak cerita tentang orang-orang yang perlahan-lahan jatuh cinta satu sama lain. Mungkin pada awalnya mereka berteman selama bertahun-tahun, atau rekan kerja, atau bersekolah bersama. Mereka mungkin adalah kenalan yang tidak pernah benar-benar memerhatikan atau memusatkan perhatian satu sama lain hingga suatu pertemuan atau situasi kebetulan terjadi.

Chemistry mungkin tumbuh perlahan dalam hubungan ini, dan orang-orang mungkin menjadi tertarik satu sama lain secara bertahap. Mereka bahkan secara perlahan mengembangkan perasaan romantis tanpa menyadarinya, hingga orang lain mengungkapkannya.

Chemistry dapat berubah dan berkembang seiring waktu dalam suatu hubungan. Bahkan bisa jadi berkurang seiring berjalannya waktu. Jika ya, ada kemungkinan untuk mengembalikannya melalui aktivitas-aktivitas yang bisa menghubungkan kembali Anda dan pasangan. Seperti komunikasi terbuka, mencoba hal baru bersama, melakukan deep talk, dan lebih sering melakukan kontak fisik.