Bagikan:

YOGYAKARTA – Melewati hari-hari yang melelahkan, minuman panas terbaik diminum sebelum tidur supaya rileks. Tetapi hindari minum kopi yang menyebabkan jam tidur tertunda. Paling tepat, berikut daftar minuman panas terbaik diminum sebelum tidur.

1. Cokelat

Minuman klasik yang diolah dari biji kakao ini, pertama kali dikonsumsi oleh masyarakat Maya. Biji kakao diolah melalui sejumlah tahapan sebelum nikmat diseduh panas-panas dan diminum sebelum tidur. Anda bisa menyeduhnya dengan campuran susu nabati atau susu sapi untuk melembutkan rasa. Dengan rasa yang lembut, Anda tak perlu menambahkan banyak gula bahkan bisa sama sekali tanpa gula.

minuman panas terbaik diminum sebelum tidur
Ilustrasi minuman panas terbaik diminum sebelum tidur (Freepik/svetlanasokolova)

2. Teh chamomile

Pilihan tepat saat Anda menghindari produk susu atau mengandung kafein seperti teh dari daun Camellia sinensis, teh chamomile paling tepat. Teh dari bunga ini, terkenal menenangkan. Chamomile membantu mengendurkan saraf, mendorong rasa tenang, dan Anda bisa tidur malam yang nyenyak. Melansir All Women’s Talk, Minggu, 10 Maret, untuk hasil terbaik minumlah secangkir teh chamomile sekitar 30 menit sebelum tidur yang diseduh tanpa gula.

3. Susu hangat

Pernahkah mendengar nasihat nenek untuk minum susu sebelum tidur? Tampaknya bukan tanpa penjelasan ilmiah. Susu mengandung asam amino triptofan yang membantu tubuh memproduksi hormon yang mendukung tidur malam nyenyak. Tak hanya itu, susu mengandung kalsium, sumber protein yang baik, dan rasa yang lembut.

4. Teh peppermint

Teh peppermint membantu menghilangkan stres tubuh. Minuman alami yang nikmat diseduh panas-panas ini, salah satu minuman terbaik. Bisa juga diminum menjelang ujian atau tugas penting karena membantu menenangkan perut, mengurangi mual, dan meredakan kecemasan.

5. Teh lavender

Kalau Anda sulit tidur, selain chamomile, teh lavender juga bisa diseduh dan diminum sebelum jam tidur. The ini telah lama dikenal khasiatnya membantu tidur. Aroma bunga yang menenangkan ini, telah diramu dan dimanfaatkan sejak Yunani kuno. Anda juga bisa menambahkan beberapa helai lavender dalam susu hangat Anda.

6. Teh lemon balm

Daun dari tumbuhan dengan nama ilmiah Melissa officinalis ini termasuk keluarga mint. Ramuan teh lemon balm telah digunakan selama berabad-abad untuk membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur. Dilansir Dreams, penelitian menunjukkan senyawa aktif dalam lemon balm, yang disebut asam rosmarinic terbukti menenangkan sistem saraf karena mengaktifkan neuron GABA-ergic.

Keenam minuman panas terbaik diminum sebelum tidur di atas, bisa membantu Anda rileks. Anda bisa memilih salah satunya atau untuk stok di rumah supaya bervariasi.