Cara Menikmati Danau Batur Kintamani, Pesona Bali yang Tersembunyi
Ilustrasi Danau Batur Kintamani (VOI/IST)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Danau Batur Kintamani adalah salah satu danau terindah yang lokasinya ada di Pulau Dewata Provinsi Bali. Sebutan danau terindah yang disematkan pada Danau Batur Kintamani nampaknya bukan omong kosong belaka. Tidak hanya menyimpan pemandangan yang elok, namun danau ini juga sarat akan budaya.

Mengenal Danau Batur Kintamani

Alamat Danau Batur Kintamani ada di Kintamani, Kabupaten Bangli. Lokasi danau ini ada di sekitar 30 Km di Timur Laut Ubud, Bali.

Perlu diketahui bahwa Bangli sendiri merupakan danau danau kaldera aktif yang lokasinya ada di ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut (mdpl). Karena lokasinya berada di dataran tinggi, Danau Batur Kintamani memiliki hawa yang sejuk bahkan cenderung dingin.

Danau Batur Bali sendiri menjadi danau terbesar yang ada di Provinsi Bali. Luas permukaan air di Danau Batur Kintamani sekitar 16,05 km2 dengan kedalaman dasar rata-rata mencapai 50,8 meter. Yang paling menarik dari danau ini adalah bentangan alam di sekitarnya. Saat Anda berkunjung ke tempat wisata ini, mata akan dimanjakan dengan bukit hijau yang menawan.

Bagi Anda yang sedang berada di Bali, nampaknya mengunjungi Danau Batur Bali bisa jadi salah satu opsi. Ada beberapa spot wisata yang bisa dikunjungi di Danau Batur Bali yakni sebagai berikut.

  1. Berburu Sunrise dan Sunset

Sampai hari ini, Danau Batur Bali dikenal sebagai salah satu spot untuk berburu pemandangan matahari terbit (sunrise) dan terbenam (sunset). Hal itu bisa terjadi karena danau ini berada di dataran tinggi. Bagi wisatawan yang ingin berburu foto matahari terbit usahakan untuk datang sebelum pagi.

  1. Cafe dan Resto

Setelah berburu pemandangan matahari terbit jangan buru-buru pulang. Anda bisa menikmati suasana sekitar danau dengan mengunjungi cafe dan resto yang ada di sekitar danau. Ada banyak pilihan cafe dan resto dengan beragam menu kuliner khas Bali maupun modern.

Pengunjung juga bisa menjelajahi indahnya Danau Batur Bali  dari berbagai sisi sambil menikmati minuman yang disediakan pengelola cafe dan resto.

  1. Penginapan

Ingin mencoba menginap di Danau Batur Bali? Sangat bisa! Di sekitar danau sudah ada beberapa villa, resort, hingga hotel dengan berbagai fasilitas yang akan memanjakan pengunjung. Tidak hanya fasilitas penginapan, pengunjung juga bisa menikmati pemandian air panas  yang menyegarkan.

Sembari menginap, wisatawan bisa berjalan-jalan ke Desa Trunyan, yakni desa adat dan wisata budaya yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke kawasan Danau Batur Bali akan dikenakan biaya masuk. Harga tiket masuk Danau Batur Bali ternyata sangat terjangkau yakni Rp15.000 per orang. Namun biaya tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan bermotor.

Itulah informasi terkait Danau Batur Kintamani. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.