Kenapa Sering Lapar Saat Cuaca Dingin? Temukan Jawabannya di Sini
Ilustrasi makan saat cuaca dingin (Foto: Pixabay/jp26jp)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kenapa sering lapar saat cuaca dingin? Keinginan untuk terus makan pada saat cuaca dingin ternyata bisa dijelaskan secara ilmiah.

Menyadur Eating Well, salah satu dugaan mengapa seseorang menjadi mudah lapar saat cuaca sedang dingin adalah karena tubuh membutuhkan energi lebih besar untuk menghangatkan tubuh.

“Salah satu alasan paling sederhana adalah tubuh Anda perlu menggunakan lebih banyak energi untuk tetap hangat di lingkungan yang lebih dingin, terutama jika dingin menyebabkan Anda menggigil,” kata Bri Bell, seorang pakar diet di Toronto, Kanada.  

Selain itu, masih ada beberapa hal lain yang menyebabkan seseorang menjadi mudah lapar ketika cuaca sedang dingin. Apa saja? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

Kenapa Sering Lapar Saat Cuaca Dingin?

Rasa lapar yang muncul saat cuaca dingin juga bisa disebabkan oleh perubahan hormon.

Mengutip laman Everyday Health, sebuah riset mengungkapkan bahwa perubahan musim memengaruhi hormon yang berkaitan dengan rasa lapar dan nafsu makan seperti hormon leptin, ghrelin, dan glukortikoid.

Sebuah penelitian di tahun 2019 yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrition & Metabolism menyebutkan bahwa hormon leptin – hormon yang memicu rasa kenyang – akan meningkat pada suhu panas dan kadarnya akan menjadi lebih rendah pada suhu dingin.

Kendati demikian, hasil riset ini bertentangan dengan sebuah studi yang menunjukkan bahwa perubahan ritme sirkadian pada tempat dengan musim dingin karena paparan Cahaya yang lebih sedikit, membuat hormon leptin justru meningkat sementara hormon ghrelin menurun di musim dingin.

Oleh sebab itu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memperjelas hubungan antara musim dingin, perubahan suhu, dan kadar hormon.

Penyebab lainnya, yang membuat seseorang sering merasa lapar saat cuaca dingin dikaitkan dengan hormon serotonin.

Dikutip dari AI-Care, Ketika hujan yang membuat suhu menjadi lebih dingin, hari di luar umumnya menjadi lebih gelap. Situasi ini membuat seseorang akan lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan.

Nah, berkurangnya paparan sinar matahari ternyata bisa menurunkan kadar hormon serotonin yang merupakan hormon Bahagia. Bila kadar hormon ini berkurang, seseorang akan merasa lebih mudah sedih atau mengalami penurunan suasana hati.

Untuk melawan hal ini, tubuh akan mengirimkan sinyal menginginkan makanan yang mengandung karbohidrat. Asupan karbohidrat ini membantu tubuh menggunakan triptofan (asam amino yang dapat diubah menjadi serotonin) sehingga dapat meningkatkan suasana hati di kala cuaca sedang dingin.

Ilustrasi makan saat cuaca dingin
Ilustrasi makan saat cuaca dingin (Foto: Pixabay/Nimka93)

Perlu Anda ketahui, merasa lebih lapar saat cuaca dingin merupakan hal yang wajar. Kondisi ini bisa disebabkan oleh kebutuhan energi yang meningkat atau karena tubuh menjadi hangat setelah makan.

Proses makan dan mencerna makanan bisa meningkatkan suhu tubuh sehingga wajar bila tubuh mengirimkan sinyal untuk makan lebih banyak pada saat cuaca dingin.

Meningkatnya rasa lapar pada saat cuaca dingin membuat seseorang ingin menyantap berbagai makanan.

Nah, terdapat beberapa makanan dan minuman yang baik dikonsumsi ketika cuaca sedang dingin, di antaranya:

  • Minuman hangat seperti teh atau air hangat dengan perasan lemon.
  • Sup sayur berbahan dasar kaldu serta sup yang mengandung sayuran hijau, kacang-kacangan atau biji-bijian.
  • Buah yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, mangga, lemon, dan kiwi.
  • Ikan salmon dan tuna yang kaya akan vitamin D. Makanan ini dapat membantu memperbaiki suasana hati yang menurun.

Demikian informasi tentang kenapa sering lapar saat cuaca dingin. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.