Resep Racikan Jahe Merah untuk Minuman Sehat dan Cara Membuatnya
Racikan Jahe Merah Untuk Minuman Sehat (Gambar greenisher)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Jahe merah ataupun jahe sunti diketahui mempunyai rasa yang pedas serta aroma yang lebih kuat. Maka, tidak heran bila tipe jahe ini lebih kerap dimanfaatkan untuk pembuatan obat-obatan tradisional ataupun minyak esensial. Ada pula beberapa racikan jahe merah untuk minuman Kesehatan. Apa saja? Simak ulasan berikut.

Pasalnya, jahe merah dapat diolah jadi minuman siap seduh yang menyehatkan semacam wedang jahe, jamu, serta yang lain.

Berikut merupakan beberapa metode yang dapat kita coba untuk membuat jahe merah selaku minuman yang menyehatkan.

Racikan Jahe Merah Untuk Minuman Sehat

1. Jamu Jahe Merah

Sebab mempunyai manfaat yang lebih besar dari varietas yang lain, jahe merah pula sesuai buat dijadikan selaku produk jamu.

Bersumber pada buku Jahe yang ditulis oleh Hesti Dwi Setyaningrum dan Cahyo Saparinto (2013), jahe merah yang terbuat sebagai jamu bisa meredakan ataupun memacu penyembuhan bermacam penyakit.

Di samping itu, jahe merah yang diolah jadi jamu pula dipercaya bisa menanggulangi beberapa permasalahan kesehatan yang dirasakan masyarakat modern seperti degeneratif, penyusutan imunitas, sampai vitalitas.

Untuk membuatnya, kita dapat mempersiapkan jamu jahe merah, air seperlunya, serta gula merah.

Panaskan ataupun rebus air hingga mendidih, sehabis itu masukan jamu jahe merah serta gula merah (sesuai selera), kemudian aduk- aduk serta minum saat masih hangat.

2. Wedang Jahe Merah

Mengutip dari beberapa sumber, wedang jahe merah jadi menu andalan yang sangat kerap dijual di angkringan. Banyak orang yakin jahe merah dapat menolong menyembuhkan bermacam penyakit. Mulai dari permasalahan pencernaan, meredakan nyeri otot serta sendi, hingga tingkatkan kesuburan laki-laki.

Tidak hanya menikmatinya di angkringan, kita juga dapat membuatnya sendiri dengan memakai bahan-bahan sesuai selera. Pastikan buat memilih jahe merah dengan mutu terbaik. Misalnya, memilih jahe segar yang masih berbentuk rimpang, sebab nutrisi yang didapat sudah tentu lebih banyak.

Langkah-langkah Membuatnya:

  • Siapkan 400 ml air putih, 100 gr jahe merah, 1 ruas jari kayu manis, 1 batang serai, 3 sendok makan gula merah sisir, 2 lembar daun pandan yang diikat simpul.
  • Sehabis mempersiapkan seluruh bahan, ambil 1 batang serai, setelah itu geprek hingga remuk. Pemakaian serai dapat membuat minuman jahe merah jadi terasa lebih harum.
  • Berikutnya didihkan air dalam panci. Kita dapat memasukkan jahe merah, serai yang telah digeprek, daun pandan, serta kayu manis terlebih dahulu saat sebelum mendidihkan air. Kemudian, biarkan seluruh bahan tercampur hingga rebusan air mendidih.
  • Tambahkan 3 sendok makan gula merah ke dalam rebusan air jahe merah. Aduk hingga seluruh bahan tercampur merata. Masak wedang jahe dengan api kecil.
  • Saring airnya buat memisahkan jahe, serai, daun pandan, serta kayu manis. Setelah itu, tempatkan air wedang jahe dalam gelas ataupun cangkir, dan wadah yang lain. Nikmati minuman ini selagi masih hangat.

3. Sekoteng Jahe Merah

Jahe merah pula bisa diolah jadi minuman sekoteng yang menyehatkan. Bila mau mencobanya, berikut tahapan membuat sekoteng jahe merah:

  • Siapkan 1 liter air, 2 sdm gula merah sisir kasar, 2 ruas jahe merah yang sudah digeprek, 2 batang serai yang sudah digeprek, serta 2 lembar daun pandang yang diikat simpul.
  • Setelah itu, siapkan 1 genggam kacang tanah sangrai yang sudah dibuang kulitnya, 50 gr kacang hijau rebus, 1 lembar roti tawar gandum yang dipotong dadu, kolang- kaling yang sudah direbus, dan sejumput garam.
  • Rebus air sampai mendidih.
  • Masukkan jahe, serai, serta daun pandan. Masak sampai aromanya keluar.
  • Tambahkan gula merah serta garam. Aduk- aduk sampai seluruh bahan tercampur merata atau gula larut.
  • Saring airnya buat memisahkan jahe, serai, serta daun pandan.
  • Tempatkan air rebusan tersebut dalam sebuah wadah.
  • Tambahkan toping seperti kacang tanah sangrai, kolang- kaling, serta roti tawar.
  • Sekoteng siap dinikmati selagi hangat.

Selain itu kalian mesti mengetahui “3 Jenis Jahe yang Bermanfaat Tingkatkan Daya Tahan Tubuh”.

Jadi setelah mengetahui racikan jahe merah untuk minuman sehat, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!