Bagikan:

YOGYAKARTA – Saat menziarahi pemakaman keluarga atau kerabat, disarankan untuk membaca doa ziarah kubur lengkap dengan lafal Arab sesuai urutannya. Bagi umat Islam, doa ziarah kubur jadi sarana mendoakan agar orang yang sudah meninggal.

Doa ziarah kubur bisa dibaca sendiri atau secara bersama-sama. Sebelum membaca doa ini disarankan untuk berpakaian sopan dan mengambil wudhu sebelum memasuki area pemakaman.

Doa Ziarah Kubur Lengkap dengan Lafal Arab

Sebelum memasuki area pemakaman, peziarah disarankan untuk mengucap salam terlebih dahulu. Setelah sampai di pemakaman yang dituju barulah membaca doa ziarah. Berikut ini doa ziarah kubur diawali dari salam awal hingga akhir.

  • Mengucap Salam kepada Ahlikubur

Salam tidak hanya diucapkan kepada orang yang masih hidup namun kepada orang yang sudah dimakamkan di tanah pekuburan.

Dalam kitab al-Adzkar karya Imam Nawaw dijelaskan bahwa para peziarah dianjurkan untuk mengucap salam kepada ahli kubur sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

السَّلامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنينَ وَأتاكُمْ ما تُوعَدُونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحقُونَ

Assalâmu‘alaikum dâra qaumin mu’minîn wa atâkum mâ tû‘adûn ghadan mu’ajjalûn, wa innâ insyâ-Allâhu bikum lâhiqûn 

Artinya: 

Assalamu’alaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Tuhan yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insyaallah akan menyusul kalian).

  • Menaburkan Bunga Segar

Setelah mencari makam yang akan diziarahi, peziarah bisa menaburkan bunga segar di permukaan makam.

Dilansir dari website NU Online, menaburkan bunga di atas makam didasarkan pada riwayat sahih yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah meletakkan dauh segar di atas kuburan. Tindakan ini dimaknai sebagai salah satu cara untuk meringankan siksa kubur orang yang dimakamkan.

  • Membaca Istighfar

Membaca istighfar saat ziarah dimaksudkan agar orang yang masih hidup menyadari dosa yang pernah dilakukan selama ini.

أَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ اَلَّذِي لآ إِلَهَ إِلَّا هُوَ اْلحَيُّ اْلقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullah Hal Adzim Alladzi La ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyumu Wa atubu Ilaihi

Artinya : "Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya."

  • Membaca surat Al Fatihah

Setelah melafalkan istighfar, bacalah surat Al Fatihah sebanyak tiga kali. Surat ini menjadi pembuka dalam kegiatan ziarah kubur.

  • Membaca 3 Qul

Setelah itu membaca tiga Qul yakni Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas. Masing-masing dibaca sebanyak tiga kali.

  • Membaca Kalimat Tahlil dan Takbir

لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ

Laailaaha Illallahhu allahuakbar

Artinya:

“Tiada tuhan yang layak disembah kecuali Allah. Allah maha besar."

  • Doa Ziarah Kubur Singkat

Ada banyak versi doa ziarah kubur yang bisa dibaca. Berikut ini doa ziarah kubur singkat lengkap dengan lafal arab, latin, dan terjemahannya.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الذُّنُوبِ والْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ

الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّار, وَافْسَحْ لَهُ فِي قَبْرِهِ، ونَوِّرْ لَهُ فِيهِ

Allahummaghfìrlahu war hamhu wa 'aafìhìì wa'fu anhu, wa akrìm nuzuulahu wawassì' madholahu, waghsìlhu bìl maa'ì watssaljì walbaradì, wa naqqìhì, mìnaddzzunubì wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu mìnad danasì.

Wabdìlhu daaran khaìran mìn daarìhì wa zaujan khaìran mìn zaujìhì. Wa adkhìlhul jannata wa aìdzhu mìn adzabìl qabrì wa mìn adzabìnnaarì wafsah lahu fì qabrìhì wa nawwìr lahu fìhì.

Artinya:

"Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran."

Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, isteri yang lebih baik dari isterinya. Masukkanlah dia ke dalam surga, berikanlah perlindungan kepadanya dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya." (HR Muslim).

  • Ditutup dengan Al Fatihah

Doa ziarah kubur ditutup dengan Al Fatihah sebanyak satu kali, baik secara sendiri maupun berjamaah.

Itulah doa ziarah kubur lengkap dengan lafal Arab. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya kunjungi VOI.ID.