7 Kriteria Penting dalam Memilih Susu Fomula, dari Kandungan Nutrisi hingga Kemasan
Ilustrasi susu formula (puskesmas2kemranjen.banyumaskab.go.id)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Orang tua perlu mengetahui kriteria penting dalam memilih susu fomula sebagai bekal parenting mereka. Pasalnya, memilih susu formula akan berdampak pada anak, baik yang berkaitan dengan asupan nutrisi hingga masalah kesehatan.

Kriteria Penting dalam Memilih Susu Fomula

Sebelum memutuskan susu formula seperti apa yang akan diberikan untuk buah hati, perhatikan beberapa kriteria berikut ini.

  1. Sesuaikan dengan Usia Bayi

Kriteria pertama yang harus diperhatikan saat memilih susu formula adalah usia anak. Susu formula untuk bayi bawah satu  tahun tentu akan sangat berbeda dengan susu formula untuk anak usia di atas lima tahun.

Saat memilih susu usahakan untuk mencermati keterangan peruntukkan yang tertera di kemasan agar tak terjadi hal yang tak diinginkan.

  1. Sesuai dengan Kondisi Bayi

Susu formula juga harus disesuaikan dengan kondisi bayi, misalnya, bayi dengan kondisi berat badan kurang bisa memilih susu formula yang mampu menambah bobot bayi sehingga lebih sehat. Untuk mengetahui kondisi bayi, orang tua harus membawa bayi ke dokter. Cara tersebut jadi yang paling aman agar tak terjadi gangguan kesehatan lain.

  1. Kelengkapan Nutrisi

Susu formula pada dasarnya mengandung berbagai nutruisi seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, serta mineral. Ada pula susu formula yang mengandung zat penting lain seperti asam arakidonat (ARA) dan DHA yang berguna untuk pertumbuhan otak system saraf pada bayi, hingga perkembangan mata.

Sebelum memutuskan untuk memilih, orang tua disarankan untuk tahu apa saja kebutuhan nutrisi anak. Semakin lengkap nutrisi yang terkandung pada susu tentu semakin direkomendasikan.

  1. RIsiko Alergi

Jika anak memiliki alergi terhadap susu sapi, orang tua bisa memberikan jenis susu kedelai. Keputusan ini bisa diambil oleh orang tua, namun disarankan agar berkonsultasi lebih dulu dengan dokter anak. Orang tua disarankan mengetahui cara mengetahui bayi alergi susu formula.

  1. Pastikan Produk Susu Legal

Orang tua juga harus memperhatikan apakah susu formula yang dipilih beredar secara legal atau tidak. Susu formula legal memiliki keterangan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Hindari produk susu formula yang mencurigakan. Dalam hal ini, orang tua harus hati-hati dan tidak tergiur dengan trik marketing.

  1. Pastikan Kemasan Tersegel dengan Baik

Orang tua bisa memilih susu sesuai kebutuhan, namun saat memilih pastikan bahwa kemasan susu tersegel dengan baik. Hindari memilih kemasan susu yang telah rusak apapun alasannya. Segel susu penting untuk memastikan tidak ada kontaminasi pada susu sehingga tetap aman untuk dikonsumsi.

  1. Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Terkadang tanggal kadaluarsa yang tercetak di kemasan luar susu tidak tertera dengan baik sehingga sulit untuk dibaca. Oleh karena itu pastikan dulu susu memiliki masa kadaluarsa yang panjang. Mengonsumsi susu kadaluarsa akan berdampak pada kesehatan  bayi.

Selain memilih susu yang tepat, orang tua juga harus memahami panduan membuat susu formula bayi yang tepat.

Itulah informasi terkait kriteria penting dalam memilih susu fomula. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.