Perbedaan Susu Skim dan Susu Rendah Lemak, Mana yang Lebih Baik?
Ilustrasi susu (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Salah satu efek mengonsumsi susu adalah adanya timbunan lemak di tubuh. Dalam kasus tertentu, lemak yang muncul akibat mengonsumsi susu setiap hari jadi salah satu pemicu kegemukan. Untuk menghindari hal tersebut Anda bisa memilih susu skim atau bisa pula susu rendah lemak. Lalu apa perbedaan susu skim dan susu rendah lemak?

Perbedaan Susu Skim dan Susu Rendah Lemak

Produk susu skim dan susu rendah lemak jadi pilihan karena kandungan lemaknya dinilai masih bisa ditoleransi, terutama oleh masyarakat yang menghindari lemak yang ada pada susu. Lalu, apa beda keduanya?

  1. Kandungan Lemak

Dalam situs Healthline dijelaskan bahwa susu skim memiliki kandungan lemak kurang dari 0,5 persen. Sedangkan susu low fat atau rendah lemak memiliki kandungan lemak yang ternyata justru lebih besar yakni 1 persen. Meski demikian kandungan lemak yang ada pada susu rendah lemak masih bisa ditoleransi. Sekadar informasi, kandungan lemak pada susu murni mencapai 3 persen.

  1. Kandungan Kalori

Dikutip dari luxofood, kandungan kalori pada produk susu skim dan susu rendah lemak juga berbeda. Dalam satu kemasan 240 ml susu skim terdapat 80 kalori, sedangkan pada susu rendah lemak adalah sebesar 100 kalori. Meski demikian, Anda tetap harus melihat kandungan kalori di kemasan sebelum memutuskan untuk membeli.

  1. Kandungan Omega 3

Nutrisi yang juga penting untuk menjaga kesehatan pada susu adalah adanya omega-3. Nutrisi tersebut berfungsi untuk meningkatkan fungsi jantung hingga fungsi otak. Selain itu omega-3 juga mampu menurunkan risiko terkena kanker. Pada susu skim, kandungan omega-3 yang bisa ditemui adalah sebesar 2,5 mg. Sedangkan pada susu rendah lemak kandungan omega-3 lebih tinggi yakni 9,8 mg.

  1. Kandungan Kalsium

Kalsium yang ada pada susu kerap jadi alasan paling penting bagi seseorang untuk mengonsumsinya. Pada susu skim, kalsium yang bisa ditemukan sebesar 306mg kalsium, sedangkan pada susu rendah lemak bisa kalsium lebih rendah yakni 290mg kalsium.

Lebih Baik Susu Skim atau Susu Rendah Lemak?

Pada dasarnya susu skim dan susu rendah lemak adalah sama-sama baik karena memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri, terutama jika melihat kandungan nutrisi pada kedua jenis susu. Akan tetapi Anda disarankan untuk mengonsumsi salah satu susu tersebut dengan menyesuaikan pada kondisi peminum.

Misalnya, pada anak-anak bisa mengonsumsi susu low fat mengingat anak masih memiliki keleluasaan mengonsumsi minuman berlemak. Sedangkan untuk susu skim bisa dikonsumsi oleh pria maupun wanita dewasa usia di atas 35 tahun. Tentu saja tetap harus ada kontrol dalam mengonsumsi susu.

Itulah informasi terkait perbedaan susu skim dan susu rendah lemak. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.