Panduan Membuat Susu Formula Bayi yang Tepat
Susu Formula Bayi (Foto: Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Susu formula adalah salah satu susu pengganti ASI yang diberikan kepada bayi. Biasanya susu formula diberikan saat ibu sudah tidak mampu lagi memberikan ASI dan perlu ditambah dengan susu yang lain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi.

Saat ini susu formula dengan banyaknya jenis merek yang berbeda-beda sudah aman dan sehat untuk bayi. Anda bisa menemukan rekomendasi susu formula di internet, salah satunya dari situs Pickybest.id.

Pemberian susu formula juga yang lumayan mudah dilakukan menjadi salah satu kelebihan susu formula ini diberikan. Tidak seperti ASI yang sangat terjaga kebersihannya, susu formula berbeda.

Jika ibu memberikan susu formula namun dengan teknik yang salah, hal ini akan berakibat fatal kepada bayi. Bayi bisa saja menjadi sakit, sehingga untuk mengurangi hal tersebut, berikut penjelasan panduan terkait membuat dan menyeduh susu formula bayi yang tepat.

Persiapan Alat dan Bahan
Hal pertama yang penting untuk diketahui adalah persiapan alat dan bahan. Alat berupa botol susu bayi, begitu juga dengan termometer, namun jika tidak memiliki termometer air juga tidak apa-apa. Sedangkan untuk bahan sendiri adalah tentu saja susu bubuk yang ingin diseduh untuk bayi.

Penting untuk diketahui bahwa untuk botol susu bayi ini harus yang berbahan khusus dan aman untuk bayi. Jangan menggunakan plastik karena plastik akan mengeluarkan zat berbahaya untuk bayi.

Perhatikan juga untuk dot nya, pastikan bahan yang digunakan adalah bahan yang aman. Setelah semua telah tersedia, baik alat dan bahan, lanjut ke langkah berikutnya.

Jaga Kebersihan
Kebersihan adalah faktor yang sangat penting yang merupakan penentu susu yang diberikan sehat atau tidaknya. Pastikan sebelum menyentuh alat-alat yang berhubungan dengan pembuatan susu bayi, tangan harus bersih. Jangan lupa untuk cuci tangan menggunakan sabun dan air mengelir. Jika anda flu maupun batuk, sebaiknya tindakan menyeduh susu ini dilakukan orang lain yang sehat, namun jika terpaksa, sebaiknya kamu menggunakan masker untuk membuatnya.

Setelah tangan bersih, tidak lupa untuk menjaga kebersihan botol susu bayi juga. Jika perlu kamu bisa menggunakan alat khusus membersihkan botol susu, namun jika tidak, kamu bisa melakukannya dengan cara konvensional.

Pertama kamu bisa memasak air hingga mendidih, lalu masukkan botol susu bayi ke dalam air yang sudah dimasak hingga mendidih tersebut. Tunggu hingga sekitar 5 menit, lalu angkat botol susunya.

Gunakan Air yang Matang
Tentu saja, sesuai dengan judulnya, kamu harus memastikan air yang kamu gunakan untuk menyeduh susu adalah air yang dimasak hingga mendidih. Hal ini penting untuk memastikan bahwa air yang digunakan untuk menyeduh susu adalah air yang bebas dari bakteri.
Jika air tersebut telah 100% mendidih, selanjutnya tunggu air tersebut hingga suhunya turun. Jika kamu memiliki termometer air, kamu bisa mengukur hingga suhunya turun sekitar 70 derajat.

Namun jika kamu tidak memiliki termometer, kamu dapat mengukurnya dengan mengambil sedikit air tersebut menggunakan sendok lalu taruh di atas punggung tanganmu. Jika kamu masih merasakan terlalu panas, tunggu sebentar lagi.

Penting untuk kamu ketahui yaitu jangan mencampurkan air yang kamu masak dengan air dingin agar suhu airnya turun. Hal ini adalah tindakan yang salah. Kamu harus memastikan suhu air yang kamu masak turun dengan sendirinya dan tidak menambah air dingin dari yang lain, karena akan sama saja dengan air yang kamu buat menyeduh susu belum tentu bebas dari kuman.

Seduh Susu dengan Benar
Setelah semuanya telah dipersiapkan, tuangkan susu formula terbaik pilihan Anda langsung ke botol susu bayi. Ingat, sebelumnya kamu harus memperhatikan takaran yang disarankan, jangan berlebihan maupun kurang, karena tarakan tersebut sudah disesuaikan dengan gizi dan usia bayi kamu.

Setelah susu telah dituangkan ke botol susu bayi, masukkan air yang kamu masak tadi ke dalam botol susu bayi. Sesuaikan juga dengan jumlah takaran air yang sudah disarankan di kotak susu. Selanjutnya tutup botol susu bayi dan kocok susu hingga tidak ada lagi serbuk yang terlihat.

Selanjutnya, pastikan kembali susu dapat diminum dengan menaruh sedikit susu di atas punggung tanganmu. Saat kamu sudah merasa suhunya sesuai, maka kamu dapat memberikan susu tersebut kepada bayi kamu.

Demikian ulasan terkait menyeduh susu formula dengan cara yang tepat kepada bayi, semoga bayi kamu dan tentu saja kamu juga tetap sehat.