Bagikan:

JAKARTA - Artis Putri Ayudya kembali bermain dalam film horor garapan rumah produksi MVP Production berjudul Kereta Berdarah. Di mana di film ini ia berperan sebagai Ramlah yang merupakan penyadang disabilitas.

Ia menuturkan kalau karakter disabilitas ini merupakan idenya sendiri yang ia sampaikan kepada produser Amrit Punjabi dan sutradara Rizal Mantovani dengan proses tawar menawar.

"Dan minta izin banget aku presentasi boleh nggak karakternya gitu tawar-tawaran, 'seberapa ya, pelafalannya gimana ya?' Karena ngomongnya cuma berapa scene tapi sekali ngomong panjang. Harus lumayan bijaksana memutuskan seperti apa pilihannya," ujar Putri Ayudya di Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 26 Januari.

Untuk riset sendiri, Putri mengaku dilakukan langsung dengan melakukan kegiatan bersama dengan teman-teman tuli.

"Kalau soal riset memang kebetulan saat ini ada beberapa kegiatan bersama teman-teman tuli dan di antaranya yang menarik sekali adalah teman-teman yang hard of hearing yang mungkin kehilangan pendengaran karena sakit karena hal yang lain," tuturnya

Lebih lanjutnya, wanita berusia 35 tahun ini secara detail mengatakan kalau karakter Ramla yang tuli ini disebabkan oleh kecelakaan kerja sebagai seorang buruh.

"Dan dalam cerita ini kami pilihnya karena kecelakaan kerja. Karena sering banget kecelakaan kerja nggak diperhatikan terutama kalau buruh seperti Ramla," jelasnya.

Bukan tanpa alasan, Putri menjelaskan hal ini sengaja ia ambil sebagai karakternya di dalam film karena ingin merepresentasikan sosok disabilitas di tengah masyarakat dalam lingkup kecil seperti cerita di film ini.

"Jadi secara riset lebih banyak observasi, lebih banyak mendengarkan teman-teman dan kemudian akhirnya memutuskan karakternya karena banyak diskusi juga apa sih pentingnya representasi sosial dalam sebuah kereta yang menjadi ruang yang besar untuk semua lapisan masyarakat," pungkasnya.