Bagikan:

YOGYAKARTA - Bacaan taawudz pasti telah sering di dengar di telinga sebagian besar orang, khususnya umat Islam. Alasannya, bacaan taawudz biasa dibaca pada saat seseorang muslim hendak membaca Al-Quran.

Oleh sebab itu, tiap umat Islam harus tahu makna taawudz. Soalnya, ada arti mendalam pada taawudz. Walaupun sudah jadi bacaan umat muslim tiap hari, kenyataannya masih banyak orang yang tidak tahu makna taawudz.

Padahal, taawudz wajib dibaca dengan penuh penghayatan, kemantapan, serta keyakinan. Maka dari itu, penting buat tahu makna taawudz.

Arti Bacaan Taawudz

Kalimat taawudz jadi salah satu bacaan penting dalam agama Islam. Nama lain bacaan taawudz yaitu istiadzah. Kalimat taawudz ataupun istiadzah dianjuran buat dibaca dalam beberapa waktu, salah satunya pada saat hendak membaca surat Al- Fatihah ataupun membaca ayat lain di Al-Quran.

Secara umum, taawudz berarti meminta perlindungan pada Allah SWT dari godaan setan. Karenanya, secara tidak langsung, membaca taawudz dapat jadi satu langkah buat melindungi keimanan kepada Allah SWT.

Maka dari itu, sudah semestinya tiap umat Islam tahu bunyi teks taawudz yang benar beserta arti taawudz. Berikut bunyi bacaan serta makna taawudz.

Bacaan Ta'awudz dan Artinya

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Audzu billahi minas-syaitanir-rajimi.

Artinya:

Aku meminta perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk.

Macam Bacaan Taawudz

Terdapat beberapa ragam bacaan taawudz. Setidaknya terdapat 7 bacaan taawudz.

  1. A'udzu billahi minas-syaitanir-rajimi. Artinya, aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.
  2. A'udzu billahis sami'il alimi minas-syaitanir-rajimi. Artinya, aku berlindung kepada Allah yang maha mendengar lagi maha mengetahui dari godaan setan yang terkutuk.
  3. A'udzu billahi minas-syaitanir-rajimi innallaha huwas sami'ul alim. Artinya, aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk, sesungguhnya Allah dialah yang maha mendengar lagi mengetahui.
  4. A'udzu billahis sami'il alimi minas-syaitanir-rajimi innallaha huwas sami'ul alim. Artinya, aku berlindung kepada Allah yang maha mendengar lagi mengetahui dari godaan setan yang terkutuk, sesungguhnya Allah dialah yang maha mendengar lagi mengetahui.
  5. Asta'idzu billahi minas-syaitanir-rajimi. Artinya, aku memohon perlindungan kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.
  6. A'udzu billahil azhimi minas-syaitanir-rajimi. Artinya, aku berlindung kepada Allah yang maha agung dari godaan setan yang terkutuk.
  7. A'udzu billahil azhimi innallaha huwas sami'ul alim. Artinya, aku berlindung kepada Allah yang maha agung sesungguhnya Allah Dialah yang maha mendengar lagi mengetahui.Dalam membaca bacaan taawudz tidak ada anjuran yang berkaitan dengan aturan waktu. Membaca taawudz bisa dilakukan kapan saja, tidak dibatasi oleh ruang dan waktu.

Hukum Membaca Taawudz

Seperti disebutkan sebelumnya, taawudz merupakan kalimat ataupun doa yang dibaca buat meminta perlindungan Allah SWT dari godaan setan yang terkutuk.

Melansir dari situs NU Online, para ulama mempunyai pemikiran berbeda mengenai hukum membaca taawudz serta ayat 98 surat al-Nahl (فَاسْتَعِذْبِاللهِ) jadi dasar perbedaan pendapat.

Kebanyakan ulama menyatakan, kalimat perintah dalam ayat itu menunjukkan membaca taawudz ataupun diucap pula selaku kalimat istiadzah yaitu sunah, sehingga tidak berdosa bila tidak membaca isti’ adzah sebab Nabi tidak mewajibkannya.

Kebalikannya, sebagian ulama berpendapat wajib membaca taawuudz, sebab mengacu pada perintah yang dianggap tetap serta tidak bisa diganti. Bagi Ibnu Sirin, salah seseorang tokoh ulama pakar fiqih, kewajiban membaca taawudz hanya sekali seumur hidup, sedangkan Imam Fakhruddin al- Razi berargumen kalau ayat tersebut menegaskan kewajiban yang wajib dipatuhi, diperkuat oleh praktik Nabi. Beberapa riwayat malahan mengatakan kalau kewajiban ini cuma berlaku buat Nabi, bukan umatnya.

Selain itu kami juga menyarankan untuk membaca, “Bacaan Maulid Simtudduror” yang harus diketahui umat muslim.

Jadi setelah mengetahui bacaan ta'awudz dan artinya, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!