Bagikan:

YOGYAKARTA - Arti jazakumullah khairan katsirat mengandung makna terima kasih dan percaya akan kebesaran Allah SWT. Kalimat tersebut sering diucapkan oleh umat Muslim sebagai rasa syukur terhadap segala kebaikan yang didapatkan dalam kehidupan. 

Dalam ajaran agama Islam ada beberapa ungkapan atau kata-kata terima kasih yang perlu dipahami dan diucapkan oleh umat Muslim. Salah satunya adalah kalimat Jazakallah Khairan katsiran. Kalimat tersebut berasal dari kata bahasa Arab yang maknanya hampir sama dengan ungkapan terima kasih ‘shukran’.

Umat Islam diajarkan untuk mudah menyampaikan ungkapan terima kasih kepada sesama muslim. Kalimat Jazakumullah khairan katsiran merupakan ajaran dari Rasulullah SAW ketika mendapat perlakuan baik. Lantas apa arti Jazakumullah khairan katsiran dan seperti apa tulisan arabnya?

Arti Jazakumullah Khairan Katsiran

Ucapan Jazakumullah khairan katsiran diungkapkan sebagai bentuk terima kasih atas segala perbuatan baik yang diberikan kepada umat muslim. Kalimat tersebut juga menjadi salah satu bentuk rasa syukur dari seorang muslim kepada Allah SWT. 

Berikut ini tulisan arab Jazakumullah khairan katsiran dan artinya:

جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا

Jazakumullah khairan katsiran

Artinya: "Semoga Allah membalas Anda dengan kebaikan."

Ada beberapa versi pengucapan Jazakallah yang paling umum digunakan oleh umat muslim. Berikut ini beberapa versi kata Jazakallah:

  • Jazakillah
  • Jazakallahu Khairan
  • Jazakumullahu khairan
  • Jazakumullahu khair
  • Jazakillah khair
  • Jazakullah khayran
  • Jazakillah khair

Walaupun ada banyak versi ucapan Jazakallah, semuanya memiliki makna yang sama yaitu memohon kebaikan. Rasulullah SAW mengajarkan bahwa ucapan Jazakallah khairan sebagai pujian tertinggi ketika menerima kebaikan. 

Ajaran Rasulullah SAW Mengucapkan Jazakumullah Khairan Katsiran

Berdasarkan riwayat dari Usamah bin Zaid, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang diperlakukan baik, lalu ia mengatakan kepada pelakunya, ‘Jazakallahu khairan’, maka sungguh ia telah sangat menyayanginya.” (HR. Tirmidzi. Ia berkata bahwa hadits ini hasan shahih) [HR. Tirmidzi, no. 2035 dan An-Nasai no. 180)

Ucapan Jazakumullah Khairan Katsiran sangatlah baik disampaikan ketika ada seseorang yang berbuat baik kepada kita. Ungkapan terima kasih ini bisa ditujukkan untuk lebih dari satu orang atau kepada orang banyak. Kata ‘Jazakumullah’ merupakan bentuk jamak. 

Jadi seorang muslim bisa menyampaikan Jazakumullah Khairan Katsiran sebagai ucapan terima kasih kepada banyak orang sekaligus. Ungkapan doa yang lebih luas: : Jazakumullah Khairan Katsiran Wa Jazakumullah Ahsanal Jaza

(جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا وَجَزَاكُمُ اللهُ اَحْسَنَ الْجَزَاء).

Artinya adalah “Semoga Allah SWT akan membalas kalian dengan kebaikan yang banyak dan semoga Allah SWT akan membalas kalian dengan balasan yang terbaik.

Cara Menjawab Ucapan Jazakallah Khairan Katsiran

Ada kalanya kita menyampaikan Jazakallah khairan katsiran kepada orang lain, namun terkadang juga kita yang menerima ucapan tersebut. Lantas bagaimana cara menjawab ucapan Jazakallah Khairan Katsiran?

Umat muslim perlu tahu cara menjawab ketika mendapat ucapan Jazakallah Khairan Katsiran dari orang lain. Cara menjawab ungkapan tersebut juga dilakukan dengan kalimat yang mengandung oda kebaikan bagi seseorang. 

Untuk menjawabnya, Anda bisa mengucapkan kalimat “Wa Jazakallahu Khairan”. Ungkapan ini memiliki arti yang tidak jauh berbeda dari Jazakallah Khairan Katsiran. Artinya yaitu: “Dan Semoga Allah Juga Membalasmu dengan Kebaikan.”

Berikut ini dua ucapan yang  bisa Anda sampaikan untuk menjawab jazakumullah khairan katsiran wa jazakumullah ahsanal jaza:

Jawaban 1

جزاكم الله خير

Wa Jazakallahu Khairan

Artinya: “Semoga Allah membalasmu juga dengan kebaikan yang semisalnya.”

Jawaban 2

وَ اِيَّكُمْ

Wa Iyyakum

Artinya: “Semoga demikian juga untuk kalian.”

Demikianlah arti Jazakallah khairan katsiran dan cara menjawabnya yang perlu dipahami umat Muslim. Sampaikanlah kalimat tersebut apabila Anda mendapat bantuan atau kebaikan dari orang lain. Baca juga bacaan Ratib Al-Attas dan artinya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.