Alasan Penderita Diabetes Lebih  Berisiko Alami Katarak, Inilah Penjelasan Medis
Alasan penderita diabetes lebih berisiko alami katarak (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Penyakit diabetes bisa berujung komplikasi atau masalah pada bagian tubuh lainnya. Salah satu risiko kesehatan yang perlu diwaspadai oleh penderita diabetes adalah katarak. Alasan penderita diabetes lebih berisiko alami katarak berhubungan dengan pengaruh tingginya gula darah pada mata. 

Gejala katarak juga termasuk salah satu bentuk komplikasi diabetes. Seiring berjalannya waktu, kadar gula darah yang tinggi bisa menyebabkan katarak. Risiko masalah mata katarak dua kali lebih mungkin dialami oleh penderita diabetes dibandingkan mereka yang tidak. 

Penderita diabetes berusia di atas 65 tahun berisiko lebih tinggi mengalami katarak. Lantas apa penyebab penderita diabetes mengalami katarak?

Kenapa Penderita Diabetes Lebih Berisiko Alami Katarak?

Perlu diketahui bahwa katarak adalah area keruh pada lensa kornea mata yang menyebabkan penglihatan jadi kabur. Bagi penderita diabetes atau orang dengan gula darah tinggi, katarak juga tergolong sebagai komplikasi diabetes. 

Ada beberapa alasan mengapa penderita diabetes berisiko tinggi mengalami katarak. Tingginya kadar gula darah bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah di mata dan pembengkakan pada cairan antara lensa kornea dan bola mata. 

Berikut ini penyebab penderita diabetes berisiko tinggi mengalami katarak yang perlu Anda tahu:

Kerusakan Pembuluh Darah

Pada tubuh penderita diabetes, produksi hormon insulin lebih sedikit dari yang dibutuhkan serta tidak mampu menggunakan insulin dengan baik. Insulin berperan dalam memindahkan gula (glukosa) dari darah ke dalam sel, yang digunakan tubuh sebagai energi. 

Tanpa adanya insulin yang cukup, glukosa tidak bisa masuk ke dalam sel dan akan menunpuk di aliran darah. Kondisi ini menyebabkan kadar gula darah tinggi (hiperglikemia), hingga berpotensi merusak berbagai pembuluh darah dalam tubuh, termasuk bagian mata. Hal ini bisa meningkatkan risiko penderita diabetes mengalami katarak.

Pembengkakan Aqueous Humor

Penyakit katarak pada penderita diabetes juga bisa disebabkan oleh faktor aqueous humor. Aqueous humor adalah cairan yang mengisi ruang antara bola mata dan lensa kornea. Apabila gula darah dalam aqueous humor dalam kadar tinggi dan berlangsung dalam waktu lama, maka bisa membuat lensa membengkak hingga mengakibatkan penglihatan kabur. 

Penyakit Mata yang Harus Diwaspadai Penderita Diabetes

Selain katarak, penyakit diabetes juga bisa menyebabkan masalah kesehatan mata lainnya. Berikut ini beberapa komplikasi diabetes yang menyerang mata:

Retinopati Diabetik

Gula darah yang tinggi pada penderita diabetes bisa merusak retina, sehingga akan menyebabkan penyakit retinopati diabetik. Retino diabetik non proliferatif atau tahap awal akan membuat pembuluh darah melemah, mengalami pembengkakan, atau bocor ke retina. 

Apabila penyakit semakin bertambah parah, maka penderita akan mengalami retinopati diabetik proliferatif. Pembuluh darah baru akan tumbuh dan berkembang biak di permukaan retina, sehingga menyebabkan masalah penglihatan yang semakin parah. 

Edema Makula

Penyakit diabetes juga bisa menyebabkan pembengkakan pada makula. Masalah kesehatan ini disebut dengan edema makula diabetik. Kondisi ini umumnya terjadi pada orang yang sudah mengalami gejala-gejala retinopati diabetik. Penyakit diabetes yang semakin parah bisa menurunkan ketajaman penglihatan hingga kehilangan penglihatan.

Glaukoma

Penyakit mata lainnya yang bisa terjadi karena diabetes adalah glaukoma. Glaukoma adalah sekelompok penyakit mata yang bisa merusak saraf optik atau sekumpulan saraf yang menghubungkan mata dengan otak. Jika diabetes sampai mengakibatkan glaukoma maka penderita bisa kehilangan penglihatan hingga mengalami kebutaan. 

Demikianlah ulasan mengenai alasan penderita diabetes lebih berisiko alami katarak. Tingginya gula darah dapat mempengaruhi hingga merusak pembuluh darah di mata hingga menyebabkan berbagai permasalahan penglihatan. Baca juga gejala awal diabetes tipe 2.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.