Bagikan:

JAKARTA - Debat cawapres kembali di gelar pada Minggu, 21 Januari kemarin di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Selatan dan dihadiri oleh ketiga cawapres yaitu Muhaimin Iskandar (Cak Imin), GIbran Rakabuming Raka, serta Mahfud MD.

Dalam debat cawapres yang kedua ini, ketiga kandidat ditantang untuk membicarakan tiga topik terkait pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, serta desa.

Jalannya debat cawapres ini dipandu oleh dua orang moderator wanita yaitu Zilvia Iskandar dan Retno Pinasti yang ditunjuk langsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI beberapa waktu lalu. Lantas siapakah sosok kedua wanita yang ikut menjadi sorotan publik tersebut? Berikut ringkasan profilnya!

Retno Pinasti

Retno Pinasti (Instagram @retnopinasti)

Retno Pinasti merupakan alumni fakultas bahasa Inggris di Universitas Gadjah Mada dan mengawali karirnya sebagai seorang jurnalis di stasiun televisi swasta TVRI pada tahun 1997 hingga 2001. Di mana ia berpindah dan melanjutkan karirnya di Trans TV.

Selain menjalani karirnya sebagai jurnalis, Retno juga melanjutkan pendidikannya di Universitas London, Inggris. Selama bersekolah, Retno bekerja sebagai video journalist di Independent Television News (ITN) pada tahun 2002.

Setahun berlalu, Retno memutuskan untuk kembali ke Indonesia pada tahun 2003 dan berkarir di SCTV. Karir Retno dilanjutkan pada tahun 2005 di mana ia berhasil menjadi jurnalis di Voice of America (VOA), Washington D.C, Amerika Serikat.

6 tahun berkarya di VOA, Retno kembali ke SCTV pada tahun 2011. Sebelumnya, pada tahun 2019, Retno juga sudah pernah menjadi moderator, saat itu ia menjadi moderator debat capres. Kini, Retno menjadi Editor in Chief di SCTV dan Indosiar sejak Maret 2022.

Zilvia Iskandar

Moderator kedua debat cawapres 2024 ialah Zilvia Iskandar yang merupakan lulusan Binus University dengan mengambil jurusan Bahasa Inggris tahun 2012. Selama menempuh pendidikan, Zilvia dikenal aktif dalam berorganisasi.

Ia pernah menjadi salah satu presenter di Binus TV selama 2 tahun. Keaktifan Zilvia juga terlihat sejak sekolah di mana ia pernah teribat dalam beberapa perlombaan seperti cerdas cermat, olimpiade Matematika, baca puisi, duta wisata daerah, debat dan presenting.

Oleh karena itu, Zilvia dinyatakan lulus dengan predikat summa cum laude dari kampus Binus University. Untuk karir, Zilvia mengawali karirnya ada tahun 2012 dengan mengikuti Journalist Development Program angkatan ke-8 di Metro TV.

Setelah menjalani pelatihan jurnalistik selama 2 bulan, Zilvia mulai diterjunkan dalam tugas peliputan di lapangan. Diketahui selama karirnya di Metro TV, Zilvia lebih sering meliput peristiwa politik seperti Pilkada hingga Pilpres.

Tak berhenti di situ, karir Zilvia mulai mengalami peningkatan dengan dipercaya menjadi presenter di program Headline News dan program Metro Malam pada tahun 2013.

Tidak main-main, Zilvia sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan bergengsi seperti Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia 2017, sebagai Presenter Berita Terbaik.