Apa Itu Humor Seksis: Pengertian, Contoh, Cara Menghadapi, dan Dampaknya Terhadap Korban
Ilustrasi korban humor seksis (PIXABAY)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Humor seksis jadi salah satu jenis humor yang seharusnya tidak boleh dilakukan. Alih-alih lucu, humor jenis ini justru dapat menyinggung perasaan seseorang bahkan bisa berujung pada perundungan. Sayangnya tidak semua orang tahu apa itu humor seksis.

Apa Itu Humor Seksis

Sexist jokes atau humor seksis ialah lelucon merendahkan atau mendiskriminasi seseorang berdasarkan gender. Humor ini biasanya dikatakan oleh laki-laki, sedangkan perempuan sebagai objeknya. Humor ini memang kadang dipakai dalam konteks sindiran, namun harus segera dihentikan karena mampu menyinggung perasaan seseorang.

Humor seksis bisa saja berujung ke pelecehan seksual secara verbal. Hal itu bisa terjadi karena pelaku yang mengemukakan humor ini menjadikan perempuan sebagai objek dan bahan lelucon. Di sisi lain perempuan yang jadi objek tak bisa melawan dan lebih memilih diam karena takut atau tak punya kuasa menghentikannya.

Contoh Humor Seksis

Contoh humor seksis bisa dilihat dari pemilihan kata dan konteks yang ada pada lelocon tersebut. Misalnya humor yang pernah dilontarkan oleh pemain sinetron Galih Ginanjar pada 2019 silam. Kala itu ia menggunakan istilah “ikan asin” yang diduga kuat ditujukan untuk  mantan istrinya, Fairuz A Rafiq. Aksi tersebut menuai kecaman hingga ke jalur hukum.

Contoh lain humor seksis misalnya menyamakan payudara wanita dengan gunung atau bukit. Namun perlu diingat bahwa humor ini tidak hanya bisa menimpa wanita namun juga laki-laki.

Cara Menghadapi Humor Seksis

Saat Anda menjumpai seseorang melontarkan humor seksis, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghadapinya yakni sebagai berikut.

  1. Jangan Tertawa

Humor seksis tidak lucu dan patut dihentikan. Salah satu bentuk perlawanan paling mudah adalah dengan tidak ikut tertawa. Sebaliknya, menertawakan lelucon kategori tersebut justru akan melanggengkan praktiknya.

  1. Tegur Secara Langsung

Korban disarankan untuk berani menegur pelaku humor seksis. Peneguran ini dilakukan untuk memberi peringatan kepada pelaku atas lelucon yang ia lemparkan. Tidak hanya korban, peneguran juga bisa dilakukan oleh orang lain kepada pelaku.

  1. Adukan ke Seseorang yang Berkuasa

Humor seksis tidak mengenal tempat. Ia bisa berada di mana saja, bahkan di tempat kerja. Saat Anda menjumpai rekan kerja melemparkan humor semacam itu segera laporkan kepada atasan atau pihak lain yang punya kuasa untuk menghentikan pelaku humor seksis. Langkah ini dilakukan untuk memberikan efek jera pada pelaku.

Dampak Humor Seksis

Meski bertujuan untuk mendulang tawa, dampak humor seksis bisa sangat serius terhadap korban. Berikut ini beberapa dampak humor seksis.

  1. Gangguan Mental

Korban yang menjadi objek humor seksis berpotensi mengalami gangguan mental. Mereka akan menunjukkan gejala-gejala tertentu seperti minder berlebihan, takut bertemu seseorang, depresi, hingga timbul kebencian.

  1. Korban Menjadi Pelaku

Saat humor seksis dilakukan dan dianggap normal, korban akan mencari cara untuk membalaskan dendamnya dengan menjadi pelaku. Bahkan, korban akan menormalisasikan lelucon tersebut padahal lelucon jenis ini perlu dihentikan.

  1. Bunuh Diri

Korban yang merasa malu, takut, atau mengalami gangguan mental akibat humor seksis akan sangat ketakutan dan tertekan. Bahkan, korban bisa berujung pada bunuh diri.

Itulah informasi terkait apa itu humor seksis. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.