5 Cara Membangun Passion dalam Diri Sendiri, Wajib Dicatat!
Ilustrasi bekerja sesuai passion (Foto: Freepik).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Apa itu passion? Bagaimana cara membangun passion dalam diri sendiri? Mari simak penjelasannya dalam ulasan berikut ini.

Membangun passion dalam diri bukanlah perkara mudah, terlebih bagi mereka yang berada dalam tahap pendidikan lanjutan ataupun yang sudah meniti karier.

Padahal, passion yang diperlukan supaya seseorang dapat menentukan arah dalam bidang yang sedang digelutinya.

Selain itu, mendalami suatu bidang sesuai dengan passion juga membuat seseorang menjadi lebih bergairah, meskipun bidang tersebut sangat rumit.

Nah, sebelum membahas secara lebih mendetail soal cara membangun passion, ada baiknya Anda mengetahui pengertian atau definisi dari passion itu sendiri.

Apa itu Passion?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata Passion memiliki makna gaairah, hasrat yang besar, kegembiran, emosi, kemarahan, dan kecemasan.

Sementara dalam laman Dictionary, kata passion diartikan sebagai:

  • Perasaan atau emosi yang kuat
  • Cinta atau benci
  • Keinginan atau perasaan yang kuat.
  • Seseorang yang merasakan cinta dan hasrat, kesukaan, antusiasme, atau keinginan yang kuat.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa passion merupakan keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu dan dikerjakan secara antusias.

Bagaimana Cara Membangun Passion dalam Diri Sendiri?

Sebelumnya telah disinggung bahwa membangun passion dalam diri bukanlah perkara mudah. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya.

Berikut cara membangun passion dalam diri sendiri yang perlu Anda ketahui:

1. Bertanya pada diri sendiri

Cara membangun passion yang pertama adalah bertanya pada diri sendiri. Untuk melakukannya, bangun dialog dalam diri lalu tanyakan; apakah Anda menyukai sesuatu?

Tanyakan juga soal kegiatan apa yang Anda sukai dan sudah dilakukan dalam waktu yang lama. Bahkan, mungkin sejak kecil.

Bila Anda berhasil menemukan kegiataan yang selalu membuat Anda merasa bersemangat, senang dan begitu menikmati ketika melakukannya maka di situlah passion kita.

2. Cari tahu tentang topik yang menarik minat Anda

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencari tahu topik yang menarik minat Anda. Salah satunya adalah dengan membaca buku.

Terkait hal ini, coba perhatikan topik apa yang paling sering Anda baca. Langkah ini bisa menjadi pintu untuk menemukan kesukaan Anda.

3. Melakukan brainstorming

Bila Anda tidak tahu apa yang telah Anda lakukan selama ini, mungkin Anda membutuhkan brainstorming. Trik mudahnya yakni mengeluarkan selembar kertas dan mulai menuliskan ide-ide yang terlintas di pikiran.

Bila diperlukan, Anda dapat melihat sekeliling rumah dan tulis pengamatan Anda. Segala sesuatu yang terlintas dalam pikiran dan ditulis di atas kertas akan menjadi bahan evaluasi untuk diri sendiri.

4. Mencari tahu bakat diri sendiri

Setiap manusia terlahir dengan keistimewaannya masing-masing. Oleh sebab itu, jangan pernah beranggapan bahwa Anda tidak memiliki bakat.

Bila Anda masih belum menemukan kelebihan atau bakat yang terpendam di dalam diri, maka Anda perlu mencari tahu.  Triknya cukup sederhana, Anda bisa membuat cacatan yang berisikan kelebihan dan kekuatan diri Anda. Selain itu, Anda juga mengeksplor kelebihan-kelebihan yang dimiliki supaya dapat dikembangkan.

5. Jangan mudah menyerah

Passion sering kali ditemukan ketika seseorang tidak pernah merasa lelah untuk mencoba hal-hal baru, meski ada beragam rintangan yang harus dilalui.

Dengan sikap yang gigih dan tak mudah menyerah, Anda tidak hanya akan menemukan passion, namun juga berhasil membentuk karakter yang kuat.

Demikian informasi tentang cara membangun passion. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.