7 Langkah Membangun Startup untuk Pemula, Wajib Dicatat!
Ilustrasi (Foto: Pixabay/StartupStockPhotos)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Startup adalah bisnis yang membutuhkan modal besar serta menyita banyak waktu. Supaya tidak kehabisan ‘tenaga’, simak langkah membangun startup untuk pemula.

Disadur dari Investopedia, Rabu, 8 November 2023, startup merupakan bisnis yang dirintis oleh satu atau lebih pengusaha yang ingin mengembangkan produk atau layanan yang diyakinni ada permintaannya.

Sementara menurut Forbes Advisor, startup didefinisikan sebagai bisnis yang mengusung dan mengembangkan produk atau layanan yang unik dan inovatif yang tidak tergantikan bagi para pelanggan.

Menurut Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), terdapat sejumlah syarat yang wajib dipenuhi untuk mendirikan startup, di antaranya:

  • Memiliki modal yang cukup: Modal menjadi sesuatu yang penting untuk mendirikan startup. Modal bisa didapat dari investor yang bersedia mendanai perusahaan.
  • Menentukan lokasi perusahaan: Dalam membangun startup, Anda tidak harus melulu berada di kota besar. Yang terpenting Anda dapat memenuhi sumber daya dengan mudah.

Langkah Membangun Startup untuk Pemula

Telah disinggung di atas bahwa startup adalah bisnis yang menyita banyak waktu, tenaga dan membutuhkan modal yang besar. Nah, agar Anda tidak salah langkah, simak cara membangun bisnis startup untuk pemula berikut ini:

  1. Tentukan ide bisnis startup

Langkah membangun startup yang pertama adalah menentukan ide bisnis yang tepat. Umumya, ide bisnis startup harus bisa menyelesaikan masalah sosial yang terjadi serta dibutuhkan oleh pasar.

Untuk menemukan ide bisnis startup yang tepaat, amati sejumlah pokok permasalahan yang ada di masyarakat sekitar. Dari situ, AAnda bisa mencari apa saja yang mungkin bisa menjadi solusinya.

  1. Buat business plan

Setelah menemukan ide bisnis yang tepat, langkah selanjutnya adalah menyusun perencanaan bisnis.

Tahapan ini sangat penting untuk dilaakukan agar gambaran bisnis Anda menjadi jelas. Buatlah rencana jangka pendek, jangka pajang beserta target yang ingin Anda capai.

Dokumen perencanaan bisnis sangat berguna saat Anda bertemu dengan investor. Adanya dokumen bisnis dapat memudahkan Anda saat memberikan penjelasan tentang arah bisnis kepada investor. Sehingga peluang untuk mendapatkan investasi akan semakin besar, mengingat investor bisa melihat prospek sebuah startup.

  1. Mencari sumber dana

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, startup adalah bisnis yang membutuhkan modal besar. Pondasi bisnis startup Anda akan semakin kokoh bila disokong oleh modal yang kuat.

Oleh sebab itu, penting untuk menentukan cara permodalan perusahaan yang akan Anda ambil.

Untuk mendapatkan sumber dana, Anda bisa menerapkan metode bootstrapping (mengandalkan kenalan untuk jadi investor), crowdfunding, dan kredit dari perbankan.

  1. Lengkapi legalitas usaha

Langkah membangun bisnis startup yang berikutnya adalah melengkapi legalitas usaha. Seperti lisensi bisnis, pendaftaran merek, perpajakan, pembuatan rekening bank khusus bisnis, hingga pembuatan kontrak dengan klien atau rekan bisnis.

  1. Bentuk tim yang solid

Pada tahap awal pembentukan startup, Anda perlu menyatukan visi dan misi dengan rekan kerja. Dengan begitu, Anda bisa memiliki tim kerja yang solid dan solutif dalam menggali ide serta menyusun strategi untuk mengembangkan bisnis.

  1. Bangun eksistensi startup

Ketika bisnis startup Anda sudah berdiri,  segeralah membangun eksistensi startup agar dikenal banyak orang.

Agar dapat eksisten secara offline, Anda perlu kantor yang nyaman dan dapat menyokong kebutuhaan kerja. Sementara untuk meningkatkan eksistensi di dunia maya, Anda bisa membuat platform layanan bisnis serta aktif di media sosial.

  1. Bangun relasi yang baik dengan pelanggan

Sebuah bisnis tentu membutuhkan pelanggan agar dapat berkembang. Oleh sebab itu, Anda perlu membangun relasi yang baik dengan pelanggaan ataupun pihak-pihak lain.

Selain itu, Anda juga perlu mempertahakan konsumen dengan berbagai inovasi baru. Jangan sampai ada pelanggan yang merasa tidak puas. Untuk mendapatkan pelanggan yang loyal, mereka perlu tahu tujuan dari bisnis startup yang Anda bangun seperti apa.  

jangan sampai pelanggan merasa tidak puas. Lebih parah lagi, pelanggan tidak tahu tujuan dari startup yang kamu buat seperti apa.

Demikian informasi tentang langkah membangun bisnis startup untuk pemula. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.