Bagikan:

YOGYAKARTA – Cara membangun kepercayaan pelanggan sangat penting untuk diketahui, pasalnya kepercayaan adalah syarat mutlak berkembangnya sebuah bisnis.

Pelaku bisnis yang berhasil membangun kepercayaan, akan mendatangkan banyak konsumen baru. Selain itu, kepercayaan juga akan membuat konsumen secara sukarela mempromosikan produk atau jasa yang Anda jual terhadap orang-orang disekitarnya. Sebab mereka telah memiliki pengalaman yang baik dengan produk atau jasa dari Anda.

Lantas, bagaimana cara membangun kepercayaan pelanggan? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Cara Membangun Kepercayaan Pelanggan

Cara membangun kepercayaan pelanggan tidak bisa dilakukan secara instan. Membangun kepercayaan konsumen memerlukan banyak waktu dan upaya yang terencana.

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin 3 April 2023, berikut cara membangun kepercayaan pelanggan pada bisnis:

  1. Bikin produk yang melebihi ekspektasi pelanggan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk membangun kepercayaan pelanggan adalah membuat produk atau layanan yang melebihi ekspekstasi konsumen.

Terkait hal ini Anda bisa mengirimkan produk atau layanan lebih cepat dari yang diharapkan ataupun mengemas produk dengan kemasan yang menarik. Ini dilakukan agar pelanggan merasa puas dengan layanan yang diberikan.

Jika pelanggan merasa puas, mereka akan melakukan aksi buy buck terhadap produk yang Anda jual.

  1. Membuat konten yang bermanfaat di media sosial

Cara membangun kepercayaan konsumen yang kedua yakni membuat konten bermanfaat di media sosial. Hal ini dapat membantu meningkatkan popularitas bisnis, menambah jumlah followers/pengikut serta membangun brand awareness.

Semakin sering Anda menggunggah konten yang bermanfaat di media sosial, maka peluang Anda untuk mendapatkan kepercayaan konsumen akan semakin besar.

  1. Menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan

Komunikasi merupakan hal yang amat penting dalam membangun hubungan dengan pelanggan. Alih-alih hanya memberi tahu pelanggan tentang bisnis Anda, mulailah melakukan percakapan dengan mereka.

Gali lebih dalam apa yang menjadi kebutuhan dari pelanggan, kemudian tunjukkan pada mereka bahwa Anda punya solusi untuk masalah mereka.

Apabila Anda mempunyai karyawan, ajari mereka cara berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan. Ajari pula cara memberikan tanggapan yang cepat terhadap segala kritik dan saran dari pelanggan.

  1. Minta feed back

Meminta kritik dan saran merupakan salah satu cara membangun kepercayaan pelanggan. Tanyakan kepada pelanggan, apakah mereka memiliki opini baik atau buruk tentang bisnis yang sedang Anda jalan.

Kritik dan saran dari pelanggan akan membantu Anda mengetahui lebih dalam akan kebutuhan yang ada, sehingga Anda dapat memberikan solusi terbaik untuk masalah mereka.

Apabila Anda berhasil memenuhi kebutuhan mereka, maka penjualan akan ikut meningkat.

  1. Berikan apresiasi kepada pelanggan

Cara membangun kepercayaan pelanggan yang terakhir adalah memberikan apresiasi kepada pelanggan lama.

Terkait hal ini, Anda bisa memberikan bonus produk, diskon harga hingga menawarkan program loyalitas kepada pelanggan.  

Dengan program loyalitas ini, pelanggan mendapatkan poin untuk membeli barang atau jasa Anda. Setelah mendapatkan sejumlah poin, maka pelanggan berhak mendapatkan hadiah. Misalnya, Anda bisa memberi hadiah kepada pelanggan dengan diskon untuk pembelian berikutnya.

Demikian informasi tentang cara membangun kepercayaan pelanggan pada bisnis. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.