Sukses Menjadi Selebgram Batam dan Pengusaha, Ini Kisah Bernard Wibowo yang Ternyata Pernah Susah
Bernard Wibowo. (Foto: Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Menjadi pengusaha sukses pastinya membutuhkan perjuangan yang tak mudah. Merintis bisnis memang membutuhkan modal yang tak sedikit, tetapi ternyata kemampuan di luar finansial juga dibutuhkan. Selain modal, seorang pengusaha harus memiliki ilmu untuk membangun usahanya.

Tekad yang tinggi pun tak kalah penting agar bisa sukses di dunia bisnis. Seperti kisah sukses dari pengusaha dan selebgram asal Batam yang kini menjadi sosok inspiratif di dunia maya.

Pengusaha berwajah ramah, Bernard Wibowo, yang kini mulai dikenal sebagai pebisnis, konsultan digital marketing, dan selebgram ini ternyata memiliki kisah yang tak mudah saat memulai usahanya. Dibesarkan dalam kondisi yang tak mudah, di mana orang tuanya bercerai saat masih remaja dan sempat mengalami kesulitan finansial, tak membuat Bernard Wibowo mengubur tekadnya.

Di masa mudanya, Bernard Wibowo harus bekerja siang malam untuk membantu perekonomian keluarga. Tak hanya itu saja, Bernard sempat harus merelakan pendidikannya karena keterbatasan biaya.

Ia memulai usahanya dengan membagikan foto dan ulasan makanan lewat akun Instagram @bernard_huangg, kesuksesan Bernard Wibowo pun lambat laun mulai terlihat.

Kini, akun tersebut sudah memiliki 129 ribu pengikut. Disusul akun Instagram @deliciousbatam yang sudah memiliki pengikut sebanyak 70 ribu.

Akun review makanan tersebut dikelolanya sendiri dari nol, termasuk ide, konten, editing, dan pemantauan akun. Sehingga, konten yang dikelola Bernard Wibowo tidak sembarangan memberikan rekomendasi makanan.

Bernard mengaku tak mudah untuk mencapai kesuksesannya menjadi pengusaha dan selebgram seperti saat ini. Selain itu, waktu yang dibutuhkan pun juga tak sebentar.

“Sejak pindah dari Medan ke Batam, 2012, sekitar 11 tahun,” tutur Bernard membeberkan waktu yang dibutuhkan untuk dapat sukses seperti saat ini.

Selain menjadi selebgram, Bernard Wibowo juga menjalankan usaha dengan membuka kedai kopi. Tak hanya itu saja, Bernard juga mengaku masih bekerja.

“Just info, saya sekarang masih sambil kerja, terus entrepreneur punya coffee shop Mr. B Coffe dan jadi selebgram,” terangnya.

Tak mudah menjadi selebgram sukses seperti Bernard. Ada banyak persiapan yang perlu dilakukan. Bahkan, hingga sekarang, Bernard tetap melakukan networking untuk menambah relasi.

Tentu saja, menjadi selebgram tak jauh dari membangun konten. Bernard menyebutkan sebagai selebgram harus rajin membuat konten yang menarik.

“Harus rajin ngonten, jangan cuma sesekali dan usahakan konten yang menarik,” jelas Bernard Wibowo saat membagikan tips sukses menjadi selebgram.

Meskipun begitu, nyatanya di balik kesuksesan seorang Bernard Wibowo, masih ada tantangan yang harus dihadapinya. Tak jarang ia mendapatkan perlakuan kurang mengenakan, seperti dicemooh hingga dicap penipu.

“Dicemooh orang, digosipkan orang, karena saya sudah berkeluarga. Dan paling susah time management-nya,” cerita Bernard saat ditanya tantangan menjadi selebgram sukses.

“Dicap jadi penipu, karena selalu mempromokan sesuatu hal,” pungkasnya.

Itulah kisah Bernard Wibowo, selebgram Batam dan entrepreneur sukses, yang namanya banyak dijumpai di internet sebagai sosok inspiratif.