10 Inspirasi Penggunaan Cardigan Biar Tampilan Makin </i>Stylish</i>
Ilustrasi (Leeloo Thefirst/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Fashion diibaratkan seperti seni dan setiap pakaian memberi peluang pemakainya untuk berkreativitas dan mengekspresikan diri. Sama halnya dengan cardigan. Outer yang sering dianggap remeh ini, bisa berubah menjadi statement piece fashionista jika ditata dengan tepat. 

Berikut panduan mendetail tentang cara meningkatkan gaya dan memadupadankan cardigan biasa layaknya seorang fashionista, dilansir dari Times of India, Selasa, 9 Januari. 

Memilih Cardigan yang sempurna

Mulai perjalanan styling Anda dengan memilih cardigan yang sesuai dengan nilai estetika Anda. Pilihlah warna-warna netral seperti hitam, abu-abu, atau krem. Bisa juga tampil berani dengan warna permata seperti burgundy dan zamrud. Selain warna, pastikan juga bahan kain terasa nyaman di kulit agar tampilan makin halus.

Bereksperimenlah dengan layering

Salah satu cara mudah meningkatkan pemakaian cardigan Anda adalah dengan permainan layering. Anda bisa memadukan cardigan Anda dengan kaos bergambar yang keren, kemeja kanci​​ng berkerah, atau turtleneck untuk menambah kesan bertekstur. Layering tidak hanya memberi kesan menyenangkan pada tampilan, tapi juga memberi fleksibilitas untuk berbagai acara.

Gunakan ikat pinggang untuk menampakkan lekuk

Ubah siluet kardigan biasa Anda dengan mengikatnya di bagian pinggang menggunakan ikat pinggang yang stylish. Fungsinya untuk menonjolkan bentuk tubuh Anda, menciptakan tampilan yang lebih halus dan terstruktur. Bereksperimenlah dengan sabuk berukuran besar atau pilih ikat pinggang berukuran kecil agar sesuai dengan keseluruhan suasana yang Anda inginkan.

Bermainlah dengan proporsi

Fashion adalah tentang keseimbangan dan bermain dengan proporsi dapat membawa perubahan besar. Padu padankan cardigan Anda dengan berbagai pilihan bawahan, mulai dari skinny jeans hingga celana lebar,  atau bahkan sleek skirt. Perpaduan dan proporsi yang serasi bisa membuat penampilan Anda tetap dinamis dan menarik secara visual.

Tambahkan aksesoris

Aksesoris adalah sentuhan akhir yang dapat mengubah rangkaian cardigan Anda dari biasa menjadi luar biasa. Bereksperimenlah dengan kalung berukuran besar, anting mungil, atau topi yang cantik. Anda bisa memilih aksesoris yang tepat sesuai dengan kepribadian Anda.

Bermain dengan pola

Cardigan polos, sudah biasa. Untuk itu, coba pilih cardigan motif atau berpola, entah itu garis-garis, motif bungan, atau pola geometris. Bermain dengan pola bisa menambah elemen ceria dan dinamis pada tampilan keseluruhan Anda.

Tambahkan syal atau selendang

Tingkatkan gaya pemakaian cardigan Anda dengan melapisinya menggunakan syal atau selendang yang bergaya. Coba kenakan tekstur dan pola yang berbeda untuk menciptakan daya tarik visual. Ini tidak hanya membuat Anda tetap hangat tetapi juga meningkatkan kehangatan estetika keseluruhan pakaian Anda.

Gunakan warna monokromatik

Untuk tampilan yang chic, pertimbangkan menggunakan warna monokromatik. Padukan cardigan Anda dengan dalaman berwarna senda. Ini menciptakan penampilan yang mulus dan sophisticated membuat Anda terlihat fashionable.

Gabungkan elemen kulit

Tambahkan keunggulan pada ansambel cardigan Anda dengan memasukkan elemen kulit. Celana kulit press body, rok a, atau bahkan sepatu boot kulit sangat cocok dipasangkan dengan cardigan, menambahkan kenyamanan dengan sentuhan urban chic.

Bereksperimenlah dengan berbagai ukuran lengan

Cardigan tersedia dalam berbagai panjang lengan dan panjang keseluruhan. Mainkan dengan opsi berbeda. Mulai dari lengan tiga perempat hingga lengan panjang. Dan bereksperimenlah dengan potongan panjang atau oversized. Memilih ukuran lengan cardigan secara dramatis dapat memengaruhi kesan penampilan Anda secara keseluruhan.