Memilih Pakaian Sesuai Bentuk Tubuh Biar Tampil Makin Kece
Cara Memilih Pakaian Sesuai Bentuk Tubuh (Gambar Tamara Bellis - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara berpakaian untuk tipe tubuh Anda, Anda akan senang mengetahui bahwa Anda telah menempatkan diri Anda di tempat yang tepat, karena kami siap membantu. Pada artikel hari ini, kami akan memberi Anda pemahaman menyeluruh tentang memilih pakaian sesuai bentuk tubuh dan cara berdandan yang sesuai. 

Kita tahu bahwa terkadang saat Anda berbelanja di luar sana, Anda memilih gaun yang sempurna dan pergi ke ruang uji coba untuk melihat apakah gaun itu cocok untuk Anda, tetapi kemudian Anda kecewa. Baiklah, izinkan kami memberi tahu Anda bahwa alasan di balik kekecewaan tersebut adalah kurangnya kesadaran akan tipe tubuh. 

Ketika Anda benar-benar mengenal struktur tubuh Anda sendiri, memamerkan pakaian impian Anda akan segera menjadi kenyataan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui tentang berbagai jenis tipe yang ada dan mengidentifikasi tipe tubuh Anda. Jadi, silakan gulir ke bawah dan baca artikel ini dan temukan sendiri.

Cara Memilih Pakaian Sesuai Bentuk Tubuh

Sederhananya, tipe tubuh Anda adalah garis besar struktur Anda. Jadi, memahami tipe tubuh Anda membantu memetakan pakaian dan menyesuaikannya dengan cara yang sesuai dengan gaya Anda. Idenya adalah untuk memastikan gaun yang kita pilih duduk dengan indah dan proporsional (atau sesuai dengan proporsi tubuh Anda) dan menyempurnakan penampilan Anda untuk siluet yang terlihat lebih baik. Pendek, tinggi, ramping, berlekuk, dll., tidak menentukan tipe tubuh Anda; bagian tubuh lakukan. Karena kita semua hampir memiliki bentuk yang berbeda, namun (tubuh kita) termasuk dalam ember yang lebih besar, kita perlu mempelajarinya sedikit.

(Gabar gabriellearruda.com)
Bentuk Tubuh Jam Pasir (Gabar gabriellearruda.com)

Bentuk Tubuh Jam Pasir

Bentuk jam pasir didefinisikan dengan ukuran yang sama di pinggul dan bahu dengan pinggang yang terdefinisi dengan baik. Selebriti seperti Beyonce dan Dita Von Teese terkenal dengan bentuk jam pasirnya. Namun, Marilyn Monroe adalah sosok jam pasir paling terkenal di luar sana.

Dengan bentuk tubuh seperti ini, Anda tetap ingin menonjolkan pinggang, karena itu adalah bagian tubuh Anda yang paling ramping.

Dengan bentuk jam pasir, Anda ingin menghindari pakaian tak berbentuk atau longgar yang akan membuat tubuh Anda kewalahan dan bahkan terlihat menggumpal.

Bentuk jam pasir biasanya hadir dengan sosok yang lebih berdada. Jika Anda ingin lebih sederhana atau meminimalkan dada Anda, Anda dapat memilih leher perahu, atau leher sendok dan menghindari atasan leher tinggi seperti turtleneck.

Anda juga harus mencari celana dengan saku miring, bukan saku inseam, karena tidak akan terlalu menarik pinggul Anda (yang dapat membuat garis tidak menarik). Celana tanpa saku juga mencapai hal ini.

Karena sosok Anda sudah sangat "feminin" (saya katakan bahwa dalam definisi stereotip feminitas) Anda dapat dengan mudah mengayunkan gaya seperti gaun genit yang lucu dengan sepatu kets. Rok mini juga merupakan pilihan yang bagus untuk Anda, untuk memamerkan kaki Anda.

Atasan Peplum atau gaun berpinggang Empire juga merupakan pilihan yang bagus - karena menonjolkan kekuatan Anda.

Bentuk tubuh segitiga terbalik

Anda biasanya memiliki bentuk tubuh segitiga terbalik jika mengenakan setengah bagian atas yang lebih besar daripada bagian bawah, dan bahu Anda lebih lebar daripada pinggul. Anda juga mungkin tidak memiliki banyak definisi antara pinggang dan pinggul. Selebriti seperti Angelina Jolie, Demi Moore, dan Rene Zellweger semuanya memiliki bentuk tubuh segitiga terbalik.

Hindari garis leher seperti leher perahu atau Bardot, tali besar, atasan berleher halter, kerah selendang besar, dan pola yang lebih besar di bagian atas Anda. Sebaliknya, pilihlah item yang menonjolkan bagian bawah Anda seperti rok a-line atau celana lebar.

Celana jeans terbaik yang cocok dengan bentuk tubuh segitiga terbalik adalah boyfriend cardigan.

Bentuk Tubuh Persegi Panjang

Dengan bentuk tubuh persegi panjang, Anda mengenakan atasan dan bawahan dengan ukuran yang sama, Anda tidak memiliki garis pinggang yang terlalu tegas, dan memiliki garis bahu dan pinggul yang lurus. Ini juga disebut bentuk tubuh "atletik". Selebriti seperti Kate Hudson dan Gweneth Paltrow memiliki bentuk tubuh wanita ini.

Menciptakan ilusi pinggang akan membantu Anda dengan tipe tubuh persegi panjang. Ikat pinggang, celana setengah pinggang, dan jaket berikat adalah pilihan yang bagus. Anda harus menghindari siluet yang terlalu vertikal- seperti jaket lurus dengan celana lurus yang akan memberikan sedikit definisi. Kain yang lebih lembut dapat membantu Anda, karena terlihat bagus dengan ikat pinggang dan dapat menarik perhatian Anda ke "pinggang" Anda.

Anda memiliki tipe tubuh yang bagus untuk hampir semua celana. Anda bisa memilih yang lebih longgar atau pas, dan terkadang celana yang sesuai dengan tubuh dapat menonjolkan lekuk tubuh Anda. Jeans mid-rise mungkin adalah pilihan terbaik Anda karena akan membantu menonjolkan pinggang Anda lebih banyak, dan jangan takut untuk mengikatkan jeans Anda untuk menambahkan sedikit penekanan pada pinggang Anda.

Bentuk Tubuh Segitiga Biasa atau "Bentuk Pir"

Tubuh berbentuk segitiga atau buah pir ditandai dengan bagian bawah yang lebih lebar, jadi Anda mungkin memiliki pinggul dan paha yang lebih lebar dan bagian atas yang lebih sempit. Selebriti seperti Kim Kardashian dan JLo sama-sama memiliki tubuh berbentuk buah pir. Meskipun Kim K melakukan banyak hal untuk meyakinkan kita bahwa dia memiliki bentuk jam pasir, pinggulnya sebenarnya lebih proporsional dengan bentuk buah pir.

Untuk bentuk tubuh ini, Anda ingin menarik perhatian ke bagian atas Anda. Anda dapat melakukan ini dengan memilih cetakan atau warna yang lebih cerah untuk bagian atas Anda. Garis leher yang lebih lebar seperti garis leher perahu dan garis leher kekasih melebarkan bahu.

Anda juga dapat melapisi bagian atas untuk menambahkan lebih banyak volume ke bagian atas. Anda ingin kemeja Anda memiliki panjang yang tepat. Anda ingin kemeja Anda mengenai bagian terlebar dari pinggul Anda, hindari kemeja yang sangat panjang dan kemeja yang sangat dipotong. (sekali lagi ini hanyalah pedoman dasar, bukan aturan yang keras dan cepat - anggap ini sebagai poin awal, tetapi saat Anda mempelajari tubuh Anda, Anda dapat berevolusi dan memperluas resep Anda sendiri untuk pakaian yang sukses)

Juga, bra empuk atau bra push-up dapat membantu menonjolkan bagian atas, jika Anda merasa nyaman dengannya. KUNCI memiliki bra yang pas, tidak peduli bentuk tubuh Anda. Saya suka Thirdlove untuk ini, karena ukurannya setengah.

Selain itu, Anda dapat menggunakan warna gelap di bagian bawah untuk sedikit melangsingkan pinggul.

Bentuk Tubuh Bulat

Bentuk tubuh bulat, juga dikenal sebagai bentuk tubuh apel, dikenal dengan tubuh bagian atas yang lebih besar daripada tubuh bagian bawah tanpa garis pinggang yang jelas. Bentuk tubuh ini memiliki pinggang yang ramping dan kaki yang besar tetapi tidak memiliki definisi dari pinggul ke atas.

Ini bisa menjadi bentuk tubuh yang sulit untuk dibeli pada awalnya, karena kecenderungannya adalah membeli barang yang terlalu besar untuk mengimbangi bagian atas yang lebih lebar. Penekanan balutan yang proporsional akan membantu hal ini, dan kita akan membahasnya dalam video di bawah ini.

Namun untuk saat ini, pertahankan agar atasan dan jaket Anda lebih ramping dan sederhana. Anda tidak ingin memiliki detail atau hiasan bahu yang terlalu menarik perhatian. Anda ingin membidik tampilan yang seimbang, jadi itu berarti atasan yang pas dan disesuaikan dengan kulit dan jaket yang tidak ketat.

Untuk gaun, Anda ingin menghindari gaun yang menonjolkan tubuh dan memilih gaun slim-fit yang mencapai di atas lutut. Rok pensil juga cocok dipadukan dengan atasan longgar.

Jeans yang paling mudah untuk tipe tubuh Anda adalah jeans kaki lurus, karena menonjolkan kaki fantastis Anda, sekaligus mempertegas pinggang Anda. Untuk menyeimbangkan pakaian kasual, pilihlah sweter atau atasan yang lebih longgar. Karena Anda kehilangan definisi pinggang itu, dua potong ketat di bagian atas dan bawah akan terasa tidak seimbang dan berat di bagian atas.

Jadi setelah mengetahui memilih pakaian sesuai bentuk tubuh, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!