Lahir dan Besar di Jogjakarta Buat Carmel Van de Kruk Suka Main di Film Berlatar Jawa
Carmel Van de Kruk (Virgilery/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Carmel Van de Kruk dipercaya untuk menjadi pemeran utama dalam film horor garapan sutradara Hanung Bramantyo berjudul Trinil. Di dalam film ini Carmel berperan sebagai Rara.

Film Trinil diadaptasi dari cerita sandiwara radio yang populer tahun 1980-an di kawasan jawa. Tak heran kalau di dalam film ini menurut Carmel terdapat beberapa karakter yang menggunakan bahasa jawa sebagai dialog.

"Jadi ada beberapa karakter-karakternya yang ngomong jawa tapi kalau untuk aku ga ngomong jawa karena keluarga aku ini ceritanya keluarga ayah aku belanda dan ibuku indonesia jadi setengah-setengah," tutur Carmel Van de Kruk di kantor VOI, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin, 18 Desember.

"Jadi bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia dan sedikit bahasa Belanda, jadi justru ada belanda nya dan Indonesia nya dan ada jawanya. Karakter lain ada yang ngomong jawa," sambung Carmel.

Meski begitu, Carmel mengatakan bahwa ia tidak mengalami kesulitan untuk mendengarkan dialog berbahasa jawa dari pemain lain. Pasalnya, Carmel lahir dan juga besar di Kota Yogyakarta.

"Nggak sih," imbuh Carmel.

"Karena dia orang jawa, orang jogja," sambung Shaloom Razade.

Ia mengaku kalau ia memang tidak fasih dalam mengucapkan bahwa jawa namun ia mengerti kalau saja ada orang yang berbicara dengan bahasa jawa.

"Jadi aku lahir dan besar di sana jadi maksudnya kalau ngerti iu bahasa jawa halus atau apa lumayan susah sih tapi ga asing di telinga aku, masih bisa ngerti 'oh kira-kira artinya gitu'. Terus ya this is normal aja buat aku, udah sering denger nya juga," pungkasnya.