Mengelola Emosi di Tempat Kerja Agar Terhindar dari Stress dan Hal Negatif Lainnya
Ilustrasi emosi negatif (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kantor atau tempat kerja lain berpotensi memicu emosi yang bersifat negatif hingga mengganggu kesehatan mental Anda. Jika tak dikelola dengan baik, emosi tersebut akan berdampak pada hal buruk salah satunya stres. Oleh karena itu disarankan untuk bisa mengelola emosi di tempat kerja.

Cara Mengelola Emosi di Tempat Kerja

Munculnya emosi negatif di tempat kerja bisa dipicu oleh banyak hal mulai dari tuntutan pekerjaan yang tinggi, masalah dengan pekerja lain, lingkungan yang toxic, kurangnya support system, dan masih banyak lagi.

Pemicu emosi negatif di kantor sebenarnya bisa beragam dan hampir selalu ada. Bahkan banyak dialami oleh para pekerja. Solusi untuk menghindari emosi negatif di kantor adalah mengetahui bagaimana cara mengelola emosi negatif di kantor. Cara yang bisa dilakukan masing-masing individu adalah sebagai berikut.

  1. Identifikasi Pemicunya

Setiap orang punya titik rapuhnya masing-masing. Untuk menghindari munculnya emosi negatif Anda harus tahu apa saja yang sekiranya membuat Anda memiliki emosi buruk. Dengan mengetahui pemicunya, Anda bisa melakukan antisipasi yang lebih baik dan tahu bagaimana bersikap saat menghadapi situasi tersebut.

  1. Hindari Rekan Kerja yang Toxic

Emosi negatif sangat mungkin disebabkan oleh rekan kerja yang toxic. Terlebih jika rekan tersebut jadi satu tim dengan Anda. Hal yang mungkin untuk dilakukan adalah menghindari rekan kerja yang toxic. Anda bisa berpindah meja atau memilih untuk tidak makan siang dengan orang itu demi kesehatan mental diri sendiri.

  1. Pilih Rekan Kerja yang Sesuai dengan Anda

Memiliki rekan kerja yang baik di kantor adalah anugrah yang patut disyukuri. Saat menemukan rekan kerja yang sesuai dengan kepribadian Anda, ada baiknya untuk menjaga hubungan baik tersebut. Rekan kerja yang baik sangat membantu Anda meredakan stress.

  1. Pandai Menghibur Diri

Salah satu pemicu munculnya emosi negatif adalah stress dan itu bisa diatasi dengan cara menghibur diri. Pekerja harus pandai mencari celah mencari hiburan saat bosan di kantor. Beberapa hal yang bisa dilakukan misalnya mendengarkan lagu, atau sekadar pergi ke luar ruangan.

Bahkan, Anda bisa menghias kantor atau meja Anda dengan membawa tanaman kecil. Pakar sebut menghias kantor dengan tanaman bisa turunkan tingkat stres. Menghibur diri di tempat kerja punya banyak manfaat.

  1. Bedakan Kehidupan Profesional dan Pribadi

Dalam dunia kerja, profesionalisme harus dijunjung tinggi. Mencampurkan profesionalisme dengan masalah pribadi hanya akan membuat Anda makin stress hingga memicu emosi negatif. Usahakan untuk memisahkan ranah pribadi dan ranah kantor.

  1. Hindari Beban Kerja yang Terlalu Berat

Beban kerja jadi salah satu pemicu munculnya emosi negatif dan berujung pada stress. Saat Anda mendapatkan beban kerja yang terlalu berat, lakukan negosiasi dengan pihak kantor. Usahakan untuk menyesuaikan kemampuan dan gaji yang didapatkan.

Itulah informasi terkait mengelola emosi di tempat kerja. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.