5 Cara Mengatasi Kesepian, Biar Enggak Berdampak Buruk bagi Kesehatan Fisik dan Mental
Ilustrasi (Palu Malerba/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Rasa kesepian merupakan hal umum yang pernah dialami setiap orang. Perasaan ini membuat orang yang mengalaminya seperti terisolasi dari lingkungan sekitar. Kesepian jangka panjang bisa mengakibatkan masalah tidur, perubahan berat badan, tekanan darah tinggi, perasaan insecure, gangguan pembuluh darah, jantung, hingga depresi.

Agar hal ini tidak terjadi, tentu rasa kesepian harus segera diatasi. Untuk Anda yang penasaran, simak cara-caranya berikut ini disadur VOI dari laman Help Guide, Selasa, 14 November.

Temukan cara kreatif untuk tetap terhubung dengan orang-orang dekat

Memang benar, selama interaksi tatap muka tubuh melepaskan hormon yang mengurangi stres dan merangsang respons emosional yang positif. Itu sebabnya kontak tatap muka dengan teman dan keluarga sangat penting dalam menjaga kesehatan mental.

Namun, untuk terhubung secara langsung dengan orang-orang terkasih tiap perasaan kesepian menyerang tidak selalu mungkin. Baik bepergian untuk urusan pekerjaan, tinggal jauh, atau terpisah karena alasan lain, ada cara lain untuk tetap terhubung dan menghindari rasa sepi. Anda bisa lakukan panggilan telepon suara atau video rutin maupun menulis surat.

Ikut komunitas, online maupun tatap muka

Berhubungan dengan orang lain tidak harus terbatas pada teman dekat, keluarga, atau rekan kerja. Berkomunikasi dengan orang asing bahkan dapat membantu Anda melawan kesepian dan dampak negatif isolasi sosial. Anda bahkan bisa menjalin persahabatan baru saat mulai membuka diri dan berbicara dengan orang-orang di ruang online maupun offline.

Bantu orang lain

Selain memperluas jaringan sosial, membantu orang lain dapat menambah makna dan tujuan hidup. Faktanya, menjadi sukarelawan untuk membantu orang lain dapat memberikan manfaat yang sama bagi Anda dan juga bagi orang yang Anda bantu.

Anda bisa membantu orang lain dengan menjadi sukarelawan untuk tujuan yang penting bagi Anda, memberikan perlindungan kepada hewan, atau memberi makan para tunawisma. Selain melayani masyarakat, hal ini juga dapat membantu menumbuhkan rasa keterhubungan dengan relawan lainnya. 

Namun, jika Anda memiliki mobilitas terbatas atau tidak dapat meninggalkan rumah karena alasan tertentu, Anda masih bisa menjadi sukarelawan untuk tugas-tugas seperti membuat atau menjawab panggilan atau mengirim email.

Pergi keluar

Jika bekerja dari rumah, Anda mungkin merasa terkurung dalam empat dinding yang sama setiap hari. Meski sedang bepergian, Anda akan sering terjebak dalam rutinitas yang terbatas pada perjalanan ke dan dari tempat kerja. Cobalah menyisihkan waktu benar-benar menikmati berada di luar ruangan. Menghabiskan waktu di udara segar dan ruang terbuka tidak hanya akan meningkatkan perasaan Anda, tetapi juga membuka diri Anda untuk bertemu orang baru.

Berjalanlah di sekitar lingkungan Anda. Ambil rute berbeda setiap hari dan temukan tempat-tempat baru dapat menjadi pengalaman yang merangsang dan memberi Anda kesempatan bertemu dengan orang-orang baru. Jelajahi tempat-tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya atau tempat-tempat familiar seolah-olah baru pertama kali melihatnya. 

Habiskan waktu di tempat umum

Daripada makan siang sendirian di rumah, pergilah ke restoran, kedai kopi, atau pusat perbelanjaan. Untuk menghemat uang, siapkan makan siang sendiri dan nikmati di taman atau tempat umum lainnya. Berada dalam jarak pandang orang lain dapat membantu Anda mengurangi rasa sendiri dan meningkatkan peluang bertemu orang baru.

Jaga kesehatan mental secara keseluruhan

Merasa kesepian dapat mengaktifkan respons melawan-atau-lari pada tubuh Anda dan menambah tingkat stres. Sebagai kompensasinya, luangkan waktu untuk memupuk semangat, meningkatkan suasana hati dan pandangan Anda, serta melindungi kesehatan mental.

Ingat, kesepian adalah sesuatu yang dialami setiap orang. Tidak ada salahnya merasa kesepian. Penting juga untuk menerima faktor-faktor yang berada di luar kendali Anda. Mungkin saat ini Anda tidak mampu membeli tiket pesawat untuk mengunjungi orang yang Anda cintai, tetapi itu tidak berarti Anda harus mengurung diri di rumah.

Kesepian terkadang sulit dihilangkan, bahkan setelah Anda mengambil langkah untuk mengubah situasi. Misalnya, meski Anda sudah mendapat teman di kota baru, Anda mungkin masih merindukan teman lama. Tapi tidak apa-apa. Yang terpenting adalah melakukan apa yang Anda bisa untuk menjangkaunya.