Tingkatkan Kualitas Hubungan Bersama Pasangan dengan Praktik <i>Mindfulness</i>
Ilustrasi (Polina Tankilevitch/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Penelitian telah membuktikan bahwa praktik mindfulness tidak hanya mengubah pribadi seseorang menjadi lebih baik, tenang, dan bahagia. Tapi juga menjadikan individu tersebut sebagai pasangan yang lebih baik dalam hubungan percintaan. 

Efek mindfulness tidak bersifat aspiratif, melainkan bersifat biologis. Dimana, latihan mindfulness secara teratur dapat mengubah zat kimia di otak dan memperkuat kemampuan Anda meningkatkan hubungan dengan pasangan.

Munni, pelatih mindfulness di Ohio-Amerika seperti dilansir dari Relish, Selasa, 20 Juni mengatakan bahwa mindfulness merupakan praktik memfokuskan perhatian pada ‘saat ini’. Mempraktikkan metode ini dalam hubungan artinya Anda mampu untuk hadir di masa kini serta membantu Anda menerima pasangan seutuhnya.

Berikut merupakan empat cara mindfulness bekerja meningkatkan hubungan:

Mindfulness mengubah cara bereaksi satu sama lain

Mempraktikkan mindfulness selama 8-10 minggu dapat mengubah area regulasi emosi di otak. Amigdala adalah bagian otak yang membawa diri ke dalam reaksi fight atau flight dengan respon diam atau amarah. Praktik mindfulness mampu mengecilkan volume amigdala sehingga memengaruhi cara Anda merespon hal kurang menyenangkan yang kadang terjadi dalam hubungan.

Mindfulness meningkatkan pengaturan emosi

Studi membuktikan bahwa melatih mindfulness mampu meningkatkan konektivitas antara korteks prefrontalis dan amigdala. Sehingga akan lebih sedikit rasa benci dan dendam terhadap pasangan. Kalau sudah begini, komunikasi yang terjalin antara Anda dan pasangan akan lebih baik dan meminimalisir terjadinya komunikasi yang meledak-ledak.

Mindfulness meningkatkan empati

Latihan mindfulness secara teratur juga mengubah bagian lain dari otak yang disebut insula, bagian yang terkait dengan welas asih dan empati. Ini dapat membantu Anda melihat pasangan dengan kasih sayang, bukan dari sudut pandang persaingan. Dan memungkinkan Anda secara bebas mengekspresikan kehangatan, cinta, dan kebaikan pada pasangan.

Mindfulness meningkatkan kesadaran diri

Perubahan pada anterior cingulate cortex yang mengatur kesadaran diri akan terjadi pada individu yang mempraktikkan mindfulness. Perubahan ini membantu Anda mengalihkan fokus mencari kesalahan dan kekurangan pasangan pada kesalahan dan kekurangan diri sendiri. Serta mencari solusi memperbaiki situasi kacau dan meningkatkan kualitas diri sendiri.