5 Jenis Camilan Sehat yang Aman Dikonsumsi Malam Hari
Ilustrasi (Lisa Fotios/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Jika Anda dilarang ngemil setelah jam 8 malam, Anda akan senang mengetahui kalau tidak banyak efek negatif yang diterima tubuh dari ngemil malam hari. Selama jenis camilan yang dipilih tepat.

Memprioritaskan makanan padat nutrisi dapat membantu mendorong pemulihan otot, mengatur nafsu makan, dan mengontrol gula darah. Jadi, jika ingin ngemil sesuatu, coba pilih satu dari lima camilan sehat rendah kalori berikut ini dilansir dari Livestrong, Senin, 23 Oktober.

Puding cokelat

Kebanyakan dessert yang dijual di toko mengandung gula, yang dapat mengganggu tidur Anda. Makanan penutup sederhana ini hanya menggunakan tiga bahan untuk memuaskan keinginan makan coklat. Anda bisa membuat puding dari bahan pisang, greek yogurt, dan bubuk coklat tanpa pemanis.

Anda mungkin ragu mengonsumsi cokelat sebelum tidur, namun karena bubuk kakao tanpa pemanis tidak mengandung gula. Dan kafein di dalamnya sangat sedikit, tidur Anda tidak akan terganggu.

Cokelat kurma

Ini adalah camilan manis dan gurih yang terbuat dari kurma, selai kacang, almond, dan coklat hitam. Resep ini rendah lemak jenuhnya dan juga tidak mengandung terlalu banyak gula. Menurut Cleveland Klinik, satu porsi kurma mengandung 7 gram serat.

Serat adalah nutrisi yang bagus untuk dimasukkan ke dalam camilan tengah malam. Karena dapat membantu mencegah rasa lapar. Serat membantu memperlambat makanan dipecah dalam sistem pencernaan, meningkatkan pencernaan dan rasa kenyang, menurut Academy of Nutrition and Dietetics.

Popcorn airfryer

Bagi Anda yang lebih menyukai camilan gurih saat larut malam, popcorn adalah pilihan yang mengenyangkan. Perpaduan popcorn dengan pistachio dan keping cokelat semi manis menjadikannya camilan larut malam yang sehat. Dan resep ini membuat ngemil tetap sederhana dengan menggunakan air fryer.

Tambahkan kacang-kacangan seperti pistachio, almond, atau kacang tanah sebagai sumber lemak tak jenuh yang sehat, menurut Mayo Clinic. Lemak tak jenuh tidak hanya mengenyangkan tetapi bahkan bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan membantu menurunkan kolesterol LDL (jahat). Selain itu, konsumsi kacang-kacangan dapat menurunkan tingkat peradangan tubuh.

Frozen yogurt

Anda hanya membutuhkan dua bahan membuat frozen yogurt, yaitu greek yogurt dan buah beku kesukaan Anda. Yogurt adalah makanan baik untuk kesehatan pencernaan, menjadikannya makanan penutup setelah makan malam yang sempurna. Sebagai sumber probiotik alami, yogurt penuh dengan bakteri baik, yang mendukung fungsi kekebalan dan penyerapan nutrisi, menurut Harvard Health Publishing.

Granola bites

Camilan sehat tak perlu mahal dan ribet. Anda bisa membuat camilan sehat murah dengan bahan yang murah serta cara masak yang mudah. Misalnya granola bites. Anda cukup mencampurkan oats, selai kacang, madu, biji rami, maupun bahan campuran lain sesuai selera. Lalu dibentuk kemudian dinginkan dalam freezer, dan camilan bergizi ini siap disantap. Oat dalam granola bites mengandung serat dan protein nabati, yang membuat Anda kenyang lebih lama.

Itulah lima jenis camilan sehat untuk diet yang bisa dikonsumsi saat malam hari. Mana kira-kira yang Anda suka?