Agar Lebih Bahagia, Begini 7 Tips Menghargai Diri Sendiri 
Ilustrasi (Mathias Copper/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Ketika Anda belajar menghargai diri sendiri, lambat laun harga diri pun akan semakin tinggi. Dan dampak perkataan orang lain tidak akan mudah memengaruhi Anda. Selain itu, Anda juga lebih mudah mendapatkan teman, lebih menikmati kebersamaan dengan orang lain, pun merasa lebih bahagia dengan kondisi diri. 

Lalu, seberapa besar Anda menghargai diri sendiri? Jika belum, ambilah waktu sebentar dan lakukan sesuatu yang baik untuk diri sendiri.

Terima kekurangan dan kelebihan diri

Tak ada satu makhluk yang dibuat sempurna di dunia. Oleh karena itu, cintai dirimu apa adanya. Terima semua kekurangan, pun kelebihan yang ada dalam diri. Ingat, semua orang diciptakan dengan keunikannya masing-masing.

Olahraga teratur

Ini dapat membantu Anda melepaskan stres dan bahkan membantu tubuh menjadi sehat. Jangan biarkan diri menderita penyakit fisik, emosional, dan mental. Lakukan olahraga secara teratur, konsumsi pola makan seimbang dan sehat, minum air dan cairan yang cukup, istirahat dan tidur yang cukup, berlibur dan bersantai, serta selalu melakukan meditasi. Berbaik hatilah pada diri sendiri dengan menjaga gaya hidup sehat.

Manjakan diri 

Tubuh pernah merasa lelah dan stres, untuk itu perlu sesekali dimanjakan. Anda bisa menyisihkan waktu memanjakan diri menjauh dari semua orang atau segala sesuatu yang membuat Anda lelah. Lakukan pijat atau perawatan spa. Bisa juga perawatan wajah, potong rambut baru, warnai rambut, atau manjakan diri dengan secangkir teh yang menyegarkan. Hal-hal ini memungkinkan And bersantai dan membantu Anda melihat versi diri yang lebih baik.

Lakukan hal yang konyol

Ini akan membawa keluar jiwa kanak-kanak yang ada dalam kepribadian Anda dan memberi perasaan bahagia. Misalnya bermain busa sabun, membuat kue, mengamati awan dan mereka-reka bentuknya, serta bermain dengan hewan peliharaan atau otopet.

Jalan-jalan di tengah alam terbuka

Kadang Anda lupa memperhatikan dunia yang terbentang di sekitar. Mengamati alam akan membuat Anda merasa lebih enak dan tenang. Berjalanlah di taman. Amati dan pandanglah pohon, rumput, langit, kemudian bernapaslah.

Maafkan diri sendiri

Kesalahan yang dibuat di masa lalu seharusnya memberi Anda pelajaran dalam hidup dan membantu Anda tumbuh sebagai pribadi yang baik. Melakukan kesalahan tidak menghalangi Anda melanjutkan hidup. Saat berbuat salah, jadilah orang pertama yang memaafkan diri sendiri dan bukan menyalahkannya. Bersikaplah baik kepada diri sendiri dengan memberi diri pengampunan yang layak. Jangan terlalu keras pada diri sendiri.

Sediakan waktu

Menyediakan waktu untuk diri sendiri akan membuat pikiran segar kembali. Bahkan, menyediakan lima menit hanya untuk menutup mata dan memfokuskan pikiran dapat membantu Anda merasa lebih baik. Namun, akan lebih baik bila Anda bisa menyediakan waktu yang lebih banyak untuk memfokuskan pikiran pada diri sendiri dan apa yang perlu dilakukan.

Disadur dari laman Inspiring Tips, Selasa, 17 Oktober, itulah tujuh tips yang bisa Anda lakukan untuk dapat menghargai diri sendiri. Ingatlah, akar dari mencintai dan menghargai diri adalah mendengarkan naluri dan belajar mendengarkan apa yang tubuh katakan dan butuhkan.