6 Tips Menghargai Pasangan agar Hubungan Pernikahan Makin Awet
Ilustrasi (Fernando Latronico/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Cinta saja tidak cukup dibutuhkan dalam hubungan pernikahan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan. Salah satunya yaitu sikap saling menghargai antara Anda dan pasangan. Ketika Anda menghargai pasangan, ini akan membuat cinta di antara kalian semakin besar. Pun sebaliknya, ketika pasangan menghargai segala pendapat, keputusan dan ide-ide Anda, disadari atau tidak ini akan membuat Anda merasa istimewa.

Mengenai menghargai pasangan, mengutip dari laman  Stylecraze, Selasa 9 Januari, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk menghargai pasangan. Apa saja cara tersebut?

Berhenti Mencari Kesempurnaan

Tak ada manusia yang sempurna, begitu juga suami Anda. Tiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan. Anda bisa bersikap kritis dan analitis terhadap keputusannya, tapi jangan berlebihan. Lepaskan angan tentang suami dan pernikahan yang sempurna. Dengan begitu, Anda bisa menghormati dan menerimanya apa adanya. 

Menghargai tiap keputusannya

Banyak usaha dibutuhkan dalam membina rumah tangga. Selain Anda, suami pun juga telah banyak melakukan pengorbanan. Untuk itu, hargai tiap keputusan yang dia pilih dan hargai keberhasilannya selama ini dalam bertanggung jawab membimbing keluarga. Ingatkan dia sesering mungkin bahwa Anda merasa bersyukur memiliki pasangan sepertinya.

Sering mengucapkan terima kasih

Adakalanya, karena merasa sudah terlalu sering bersama pasangan lupa saling mengucapkan terima kasih. Meski sebenarnya dalam hati menghargai apa yang dilakukan pasangan, namun susah rasanya untuk mengungkapkan. Ingat, merasa bersyukur saja tak cukup. Anda perlu mengekspresikannya pada pasangan. Sampaikan rasa terima kasihmu pada pasangan sesering mungkin.

Lakukan komunikasi efektif

Komunikasi adalah kunci pernikahan yang bahagia. Jika Anda ingin menghormati suami, pastikan kalian menjalin komunikasi efektif. Meski menurut Anda ada beberapa hal yang sulit dibicarakan, jangan menghindar dari topik tersebut. Memendamnya sendiri akan semakin menyusahkan Anda dan hubungan pernikahan. 

Salah satu cara memulai percakapan yang sulit adalah mengirim pesan teks. Jika takut melakukan percakapan tatap muka, kirimkan pesan kepadanya terlebih dahulu. Lalu, beralihlah ke percakapan tatap muka ketika Anda merasa lebih nyaman.

Terima keluarga pasangan seperti keluargamu sendiri

Dalam pernikahan, bukan hanya Anda dan pasangan yang menyatu tapi juga dua keluarga. Jika Anda mengharapkan dia menjadi bagian dari keluarga Anda, Anda pun harus merangkul keluarganya dengan cinta dan hormat. Merajut hubungan baik dengan keluarga pasangan bisa membuat Anda mengenal pasangan lebih dekat.

Minta maaf saat berbuat salah

Bukan hanya suami, tapi Anda juga tidak sempurna. Melakukan kesalahan yang dapat memengaruhi pernikahan adalah hal wajar. Dalam hal ini, jangan segan-segan meminta maaf kepada suami. Hindari menonjolkan ego.

Meminta maaf saat berbuat salah bisa menciptakan komunikasi sehat antara Anda dan pasangan. Permintaan maaf yang tulus dapat membantu menyelesaikan banyak masalah besar dalam hubungan.